Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Motor Listrik Kolaborasi TOBA dan GOTO Didukung Insentif Pemerintah

13 Nov 2023, 12:03 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Dunia otomotif Indonesia tengah menyaksikan langkah menarik dalam pengenalan motor listrik. Perusahaan patungan (joint venture/JV) bernama Electrum milik PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) dan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) telah resmi memperkenalkan motor listrik terbarunya yakni Elektrum H5. 


Motor listrik ini menandai langkah maju dalam teknologi transportasi di Indonesia. Elektrum telah mengenalkan teknologi pendukung seperti Battery Swap Station (BSS), baterai, serta infrastruktur digital. Saat ini, Elektrum telah memiliki sekitar 40 BSS dengan target mencapai 150 lokasi BSS pada akhir tahun 2023 dan lebih dari 1.000 lokasi hingga akhir tahun 2024 di wilayah Jakarta.


Skema sewa Elektrum H5 ditargetkan untuk konsumen institusi baik itu perusahaan maupun instansi, terutama bagi mitra Gojek. Namun, rencananya tak berhenti di situ. Elektrum sedang bersiap untuk memasarkan motor listrik ini ke konsumen umum setelah teknologi yang mendukung tersebar lebih luas.


Elektrum menegaskan bahwa motor listrik H5 setara dengan skutik berkapasitas mesin 125 cc, yang merupakan saingan dari skutik populer seperti Honda Vario 125 yang saat ini dijual mulai dari Rp 22,550 juta hingga Rp 24,450 juta di Jakarta. Prediksi harga Elektrum H5 diproyeksikan berkisar antara Rp 20 jutaan hingga Rp 22 jutaan. Diharapkan dengan harga yang lebih kompetitif, motor listrik ini dapat menjadi pilihan menarik di pasaran.


Pemerintah Dukung Konversi Motor Listrik

Seiring dengan upaya Elektrum, pemerintah turut memberikan dukungan bagi konversi motor listrik. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, mengumumkan peningkatan subsidi dari Rp7 juta menjadi Rp10 juta untuk program konversi sepeda motor konvensional menjadi sepeda motor listrik. Ini menjadi langkah positif dalam mendorong adopsi kendaraan ramah lingkungan di Indonesia.


Dukungan pemerintah yang meliputi insentif dan subsidi untuk kendaraan listrik, baik dalam konversi maupun pembelian baru, diharapkan dapat mendorong pertumbuhan pasar motor listrik di tanah air.


Kemitraan antara perusahaan otomotif dan investasi bersama dengan dukungan pemerintah menjadi langkah awal yang menjanjikan dalam mewujudkan transportasi yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan di Indonesia. Semoga upaya ini dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat serta lingkungan hidup.


Mau tahu strategi trading saham GOTO atau TOBA selengkapnya? Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.


Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi