Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Deretan Saham yang Diuntungkan Jika Anies dan Cak Imin Terpilih di Pilpres 2024

26 Okt 2023, 09:11 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Semakin dekat menuju tahun pilpres, perbincangan mengenai Capres dan Cawapres jadi semakin hangat. Tentu masing-masing pasangan punya visi dan misi yang berbeda-beda ke depannya. Sehingga cukup menarik bagi kita untuk menelisik lebih jauh terkait kecenderungannya terhadap sektor-sektor tertentu. 


Lantas, saham mana saja yang berpotensi diuntungkan jika Anies-Cak Imin menang di pilpres 2024? Untuk lebih jelasnya, mari simak artikel di bawah ini sampai selesai.

Sektor Infrastruktur dan Konstruksi

Di samping sektor kesehatan, selama masa jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta, Anies berhasil meningkatkan mutu transportasi umum di kota tersebut. Saat ini, penduduk Jakarta tak perlu lagi khawatir mengenai biaya transit, karena sistem tarif terintegrasi telah diterapkan di seluruh transportasi umum DKI Jakarta.


Prasarana transportasi umum di DKI Jakarta juga mengalami peningkatan yang signifikan, menciptakan kenyamanan bagi penumpang saat menggunakan transportasi umum.


Dengan pencapaian tersebut, sektor transportasi berpotensi diuntungkan jika Anies terpilih dan melanjutkan upayanya dalam meningkatkan moda transportasi umum. Hal ini sejalan dengan visi dan misinya, yaitu mewujudkan kota layak huni dengan pemenuhan infrastruktur dasar, sosial, dan ekologis yang salah satunya adalah jaringan transportasi.


Sektor infrastruktur dan konstruksi juga dapat diuntungkan karena mereka berperan dalam pembangunan serta peremajaan fasilitas transportasi umum, termasuk pembangunan atau perbaikan halte, stasiun, dan infrastruktur pendukung lainnya.


Ditambah lagi, Anies-Cak Imin mempunyai visi dan misi untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur khususnya di luar Jawa, membangun kawasan industri khususnya di berbagai wilayah luar Jawa, serta memperbaiki jaringan logistik. Ini akan menjadi katalis positif bagi kedua sektor tersebut.


Baca juga: Pemilu Semakin Dekat, Apa Saja Saham yang Berpotensi Diuntungkan?

Sektor Jasa

Asal tahu saja, Anies memiliki pengalaman sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di dalam Kabinet Kerja pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla selama 2014-2016, menjadikan sektor sumber daya manusia (SDM) sebagai salah satu bidang keahliannya.


Sektor yang terkait dengan SDM adalah sektor jasa, yang melibatkan layanan langsung antar individu. Dengan keahlian Anies di bidang SDM, sektor jasa memiliki peluang untuk berkembang jika Anies memenangkan Pilpres 2024.


Sektor jasa sendiri mencakup berbagai jenis, termasuk perdagangan, sektor keuangan, serta bidang hospitality seperti hotel, restoran, tempat hiburan, dan lainnya.


Jika disesuaikan kembali dengan keahliannya, maka saham-saham yang paling besar peluang pertumbuhannya antara lain hospitality seperti hotel, restoran, tempat hiburan, dan lainnya.


Baca juga: Strategi Trading Saham Saat Market Sideways

Sektor Teknologi

Tertuang dalam panduan visi dan misi, Anies-Cak Imin memiliki rencana untuk melakukan pemanfaatan teknologi di berbagai sektor. Contohnya di sektor pertanian, di mana pasangan Capres dan Cawapres ini akan memberikan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) dengan teknologi terkini.


Adapun di sektor energi, teknologi terkini turut dimanfaatkan untuk memaksimalkan efisiensi eksploitasi, termasuk menerapkan Enhanced Oil Recovery di berbagai sumur minyak bumi di Indonesia, yang sudah tua.


Sedangkan di sektor logistik, Anies-Cak Imin akan membangun sistem informasi logistik terintegrasi untuk memastikan tata kelola serta efisiensi proses. Penerapan teknologi juga berlaku di sektor lain seperti kelautan, EBT, dan kesehatan. 


Melihat luasnya pemanfaatan tersebut, permintaan terhadap sektor teknologi berpotensi meningkat dan pada akhirnya membuat saham teknologi menjadi menarik di mata investor.


Baca juga: 3 Rasio Keuangan Saham Teknologi: GMV, TPV, GTV

Sektor Pertanian

Kemandirian dan ketahanan pangan merupakan salah satu agenda misi Anies-Cak Imin jika terpilih di Pilpres 2024. Beberapa di antaranya termasuk memastikan ketersediaan dan keterjangkauan harga pupuk, bibit, pestisida, pakan ternak, dan obat-obatan pertanian. 


Adapun rencana untuk meningkatkan daya saing subsektor perkebunan, peternakan, perikanan budidaya dan kehutanan, salah satunya dengan mengakhiri monopoli bibit, pakan ternak, dan penyerapan produk. 


Selain itu, sejumlah fasilitas pendukung seperti pemanfaat teknologi serta fasilitas peremajaan tanaman turut dilakukan dengan tujuan agar petani menjadi lebih sejahtera. Hal ini nantinya akan berkaitan pada sektor pertanian seperti saham produsen beras dan lainnya karena hasil pertanian menjadi lebih maksimal dengan kualitas yang juga terjaga.


Baca juga: Bursa CPO Sudah Diresmikan, Emiten Sawit Bisa Ubah Nasib?

Sektor EBT

Transisi dari energi fosil ke energi baru terbarukan (EBT) tampaknya akan semakin digalakkan . Anies-Cak Imin memiliki program bertajuk “Indonesia Menuju EBT” melalui diversifikasi energi, termasuk bioenergi, panas bumi, air terjun, angin, hidrogen, dan tenaga surya.


Visi dan misinya mencakup memaksimalkan peran panas bumi, di mana Indonesia memiliki sekitar 40% cadangan dunia, sebagai sumber energi penting. Skema insentif dan prioritisasi EBT bersumber dari panas bumi, tenaga air, energi laut, surya, bayu, dan biomassa masuk ke dalam perencanaan dalam rangka memenuhi komitmen Net Zero Emission 2060.


Terlampir pula target kontribusi EBT terhadap total energi pembangkit listrik sebesar 22-25% pada tahun 2029. Kebutuhan terhadap EBT yang tampaknya semakin besar tentu akan menguntungkan saham-saham EBT.




Baca juga: Emiten Pemilik Kapasitas EBT Terbesar di RI, Ada MEDC dan BREN

Sektor Syariah

Sama seperti visi dan misi Ganjar-Mahfud, sektor syariah terutama keuangan syariah turut menjadi salah satu fokus Anies-Cak Imin jika menang Pilpres 2024. 


Dalam publikasi visi dan misi tertulis bahwa industri keuangan syariah akan dioptimalkan untuk meningkatkan kedalaman dan inklusivitas sektor keuangan. Salah satunya dengan cara memperkokoh posisi perbankan syariah dalam memberikan manfaat seluas-luasnya bagi masyarakat secara inklusif. 


Baca juga: Deretan Saham yang Diuntungkan Jika Ganjar dan Mahfud MD Terpilih di Pilpres 2024


Pertanyaannya, saham apa yang menarik dan bagaimana strategi tradingnya? Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

ACES: Diakumulasi Investor Kakap Hingga SSSG Kembali Tumbuh Positif

20 Feb 2024, 16:33 WIB
article
ArtikelInsight

Keluar dari MSCI, Indeks FTSE Siap Tampung CUAN

19 Feb 2024, 14:10 WIB
article
ArtikelInsight

Unboxing Saham Terkait Program Prabowo-Gibran, Seberapa Diuntungkan?

16 Feb 2024, 16:33 WIB
article
ArtikelInsight

Dukung Prabowo-Gibran, Intip Kinerja Emiten Thohir Bersaudara

15 Feb 2024, 16:19 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi