Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Gibran Resmi Jadi Cawapres Prabowo, PMMP Melesat 24%

23 Okt 2023, 16:57 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Prabowo menjadi Capres terakhir yang mengumumkan pasangannya. Berdasarkan kabar terbaru, Gibran Rakabuming, putra dari Presiden Joko Widodo sekaligus Wali Kota Surakarta, resmi menjadi Cawapres Prabowo untuk pilpres tahun depan. Adapun PSI yang awalnya mendukung Ganjar Pranowo disebut pindah haluan dan mendukung Prabowo.


Melihat hal itu, pada perdagangan pagi ini (23/10) saham PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP) naik kencang hingga 24% ke level Rp314 per saham. Saham ini dimiliki oleh Kaesang Pangarep, adik Gibran melalui PT Harapan Bangsa Kita alias GK Hebat. Kepemilikan saham GK Hebat di PMMP sebanyak 188,24 miliar atau setara 8% dari keseluruhan saham yang ada. 


Sebagai informasi, PMMP adalah emiten frozen food, lebih tepatnya udang beku. PMMP memiliki 6 fasilitas pengolahan yang tersebar di Situbondo (Jawa Timur) dan Tarakan (Kalimantan Utara). Perusahaan ini juga sudah mengekspansi produknya ke berbagai pasar di seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat, Eropa, Jepang, dan Australia. 


Kabar terbaru, PMMP akan melakukan private placement dan sudah mendapatkan restu dari para pemegang saham pada 11 Oktober 2023. Dalam aksi korporasi ini perseroan berencana akan menerbitkan sebanyak-banyaknya 235,3 juta saham baru, setara 10% dari modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan. Dengan adanya aksi private placement, kepemilikan saham para investor akan terdilusi 9,09%.


Dana yang diperoleh setelah dikurangi biaya-biaya emisi akan dipergunakan untuk modal kerja, yang akan digunakan untuk pembelian bahan baku udang serta bahan baku pelengkap untuk kegiatan produksi. Ini bagus karena bisa mendukung aktivitas operasional perusahaan yang pada akhirnya bisa menopang kinerja keuangan.

Kinerja Keuangan Secara Historis


*Dalam miliaran rupiah


Tercatat sejak 2020 hingga kuartal II/2023 PMMP konsisten mencetak kenaikan pendapatan. Terbaru, pendapatannya tumbuh 8,50% menjadi Rp676 miliar pada kuartal II/2023 dibandingkan periode sama tahun lalu Rp623 miliar.


Namun, nasib laba bersihnya justru berbalik. Di mana, kinerja laba bersih PMMP terus mencatatkan penurunan. Pada kuartal II/2023 turun 86,36% menjadi Rp6 miliar saja dari sebelumnya Rp44 miliar. Hal tersebut disebabkan oleh beban pokok penjualan dan beban lain-lain neto yang membengkak.




Sejak awal tahun, saham PMMP turun hampir 23%. Meski begitu selama sebulan terakhir sahamnya terpantau naik hampir 19% bisa jadi karena terdorong sentimen peluang Gibran menjadi Cawapres Prabowo. 


Saat ini saham PMMP diperdagangkan dengan valuasi price to earnings ratio (PER) dan price to book value (PBV) masing-masing 11,17x dan 0,59x. Jika dibandingkan dengan rata-rata 3 tahun, valuasi PMMP sudah cukup premium.


Lalu, bagaimana prospeknya dari sisi teknikal? Apakah cukup potensial? Bagaimana strategi tradingnya? Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

BBRI Masih Nyaman di Level 4000-an, Apa yang Mesti Dilakukan Holder?

29 Apr 2024, 14:20 WIB
article
ArtikelInsight

Harga Nikel Cetak Rekor, Sahamnya Menyala

22 Apr 2024, 16:23 WIB
article
ArtikelInsight

Rupiah Ambruk ke Level Terendah Empat Tahun, Begini Korelasinya ke IHSG Secara Historis

17 Apr 2024, 11:51 WIB
article
ArtikelInsight

Seberapa Besar Dampak Konflik Timur Tengah yang Kian Memanas ke Pasar Saham?

16 Apr 2024, 10:54 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi