Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

INDY Jual MUTU ke CUAN, Ketahui Hal-Hal Ini!

27 Sep 2023, 11:19 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Lagi-lagi PT Indika Energy Tbk (INDY) jual aset batu baranya. Kali ini INDY menjual 100% kepemilikan PT Multi Tambangjaya Utama Tbk (MUTU) kepada PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN). 


CUAN telah menandatangani perjanjian jual beli bersyarat (CSPA) dengan PT Indika Indonesia Resources (IIR) dan Indika Capital Investments Pte Ltd (ICI) pada tanggal 22 September 2023. IIR dan ICI merupakan entitas anak dari INDY. Perjanjian ini bertujuan untuk mendapatkan kepemilikan sebanyak 100% atas MUTU.


CUAN akan membeli 2,2 miliar saham di MUTU, termasuk hak pemasaran terkait yang dimiliki oleh ICI dengan total nilai sebesar US$ 218 juta  atau sekitar Rp3,3 triliun.


Sebagai informasi, MUTU merupakan perusahaan yang bergerak dalam sektor pertambangan batu bara termal dan batu bara metalurgi bituminous di wilayah Kalimantan Tengah. Perusahaan ini telah mengamankan Perjanjian Kontrak Karya Pertambangan Batubara (PKP2B) generasi ketiga, dengan luas kawasan konsesi mencapai 24.970 hektare.


Dengan divestasi ini, maka MUTU tidak lagi dimasukkan dalam konsolidasi laporan keuangan INDY. Untuk diketahui, sepanjang semester I/2023 MUTU berkontribusi sebesar 8,5% dari total pendapatan INDY. Kemudian apabila transaksi dilakukan secara tunai, INDY akan mendapatkan sumber pendanaan yang cukup besar dan bisa dipakai untuk melanjutkan diversifikasi bisnis perusahaan di luar sektor batu bara.


Divestasi aset batu bara menjadi langkah INDY untuk mengurangi eksposur di bisnis batu bara, sejalan dengan komitmen INDY untuk mencapai 50% pendapatan dari sektor non batu bara pada tahun 2025 dan netral karbon pada tahun 2050. Hal ini diharapkan bisa menjaga stabilitas kinerja keuangan dari fluktuasi batu bara.


Sebelumnya INDY juga pernah melakukan divestasi terhadap PT Mitrabahtera Segara Sejati Tbk (MBSS) yang bergerak di bisnis pengangkutan dan pengapalan batu bara sebesar US$41,31 juta dan PT Petrosea Tbk (PTRO) yang bergerak di bidang kontraktor penambangan batu bara sebesar US$146,58 juta.


Sementara itu melalui aksi akuisisi, MUTU berpotensi meningkatkan produksi tahunan bagi CUAN, memberikan efisiensi, dan memperkuat operasi CUAN di Kalimantan Tengah di mana sebagian besar aset perseroan berada. 


Portofolio CUAN juga diharapkan menjadi semakin solid. Dalam sebulan terakhir, CUAN telah mengumumkan akuisisi 85% saham tambang pasir silika PT Silika Salut Jaya pada tanggal 11 September 2023, dan juga diversifikasi ke sektor pertambangan batu bara metalurgi dan mineral emas melalui anak usahanya, PT Daya Bumindo Karunia dan PT Intam pada tanggal 4 September 2023.


Namun, perlu diketahui bahwa ada kemungkinan CUAN akan mencari pendanaan untuk melakukan akuisisi karena kas dan setara kas pada semester I/2023 hanya sebesar Rp437,7 miliar. Angka ini jauh dari nilai transaksi sebesar Rp3,3 triliun, artinya dana baru terkumpul 13% saja.


Beberapa opsi pendanaan yang mungkin diterapkan adalah utang atau penambahan modal seperti right issue atau private placement.


Mau tahu prospek selengkapnya tentang INDY, CUAN, dan saham terkait lainnya? Mana yang saat ini potensial untuk buy? Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. 


Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

Jelang Lebaran, Gimana Potensi dan Kinerja Emiten Poultry Secara Historis?

4 Apr 2024, 11:55 WIB
article
ArtikelInsight

HRUM Makin Fokus ke Nikel, Diproyeksikan Bisa Dorong Laba Bersih Naik 33% di 2024

27 Mar 2024, 13:44 WIB
article
ArtikelInsight

BEI Terapkan Mekanisme Full Call Auction, Simak Dampaknya ke Investor

26 Mar 2024, 12:18 WIB
article
ArtikelInsight

ADRO Punya Proyek EBT Jumbo, Begini Prospeknya

22 Mar 2024, 13:35 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi