Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

ASSA Garap Bisnis Logistik Farmasi B2B, Kinerja Anteraja Bakal Terdongkrak?

25 Sep 2023, 16:46 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Emiten transportasi PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) melalui anak usaha Anteraja, telah memulai kerja sama dengan Mostrans untuk menggarap pharma delivery. Dalam kolaborasi ini, Anteraja akan mendukung Mostrans dalam mempercepat pengiriman obat-obatan serta memudahkan akses pelanggan melalui pemanfaatan layanan last mile delivery Anteraja Pharma.


Sebagai informasi, Mostrans adalah perusahaan platform transportasi digital pertama di Indonesia. Bersama Anteraja, Mostrans telah berhasil mengirimkan obat-obatan kepada lebih dari 140 pelanggan. 


Pelanggan-pelanggan ini mencakup berbagai jenis entitas, seperti apotek (sebanyak 58%), rumah sakit (20%), klinik (13%), dan Pedagang Besar Farmasi (PBF) (10%). Pada bulan Agustus 2023, jumlah transaksi pesanan Mostrans mengalami peningkatan sebesar 27% dibandingkan dengan bulan Juli 2023.


Keputusan perseroan untuk melakukan ekspansi bisnis memberikan sentimen positif karena dapat menjangkau pasar yang lebih luas sehingga berpotensi mendongkrak kinerja keuangan ASSA.


Pada semester I/2023 Anteraja menjadi kontributor pendapatan terbesar mencapai 34%. Namun, masih membukukan rugi kotor sebesar Rp76 miliar (-9,3% gross profit margin) Hal ini disebabkan oleh volume pengiriman yang lebih rendah efek efisiensi dari industri e-commerce yang beralih ke kurir dengan insentif variable-based.


Meski begitu, diharapkan ada peningkatan bertahap menyusul kenaikan pengiriman paket yang berasal dari saluran e-commerce. Sehingga diperkirakan pengiriman tersebut mencapai 462 ribu per hari di 2023 dan 508 ribu per hari di 2024. Maka dengan begitu potensi pendapatan dari pengiriman paket diproyeksikan sebesar Rp1,7 triliun di 2023 (-45%) dan Rp2 triliun di 2024 (+16%).


Mau tahu potensi saham ASSA selengkapnya? Apakah saat ini potensial untuk buy? Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

ACES: Diakumulasi Investor Kakap Hingga SSSG Kembali Tumbuh Positif

20 Feb 2024, 16:33 WIB
article
ArtikelInsight

Keluar dari MSCI, Indeks FTSE Siap Tampung CUAN

19 Feb 2024, 14:10 WIB
article
ArtikelInsight

Unboxing Saham Terkait Program Prabowo-Gibran, Seberapa Diuntungkan?

16 Feb 2024, 16:33 WIB
article
ArtikelInsight

Dukung Prabowo-Gibran, Intip Kinerja Emiten Thohir Bersaudara

15 Feb 2024, 16:19 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi