Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

ASII Akan Akuisisi OLX Autos untuk Ekspansi Jual-Beli Mobil Bekas

24 Jul 2023, 15:52 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Emiten konglomerasi PT Astra International Tbk (ASII) dikabarkan akan melebarkan sayapnya ke segmen bisnis jual-beli mobil bekas. Melalui anak usahanya, unit marketplace PT Astra Digital Mobil, ASII berencana mengakuisisi 99,9% saham OLX Autos, atau yang dulu dikenal Tokobagus, platform online jual-beli mobil bekas milik OLX Group. 


Astra Digital Mobil memiliki platform jual-beli mobil bekas bernama Mobbi yang diluncurkan pada November 2022 lalu. Mobbi dilengkapi dengan berbagai layanan seperti inspeksi mobil, perkiraan harga mobil bekas, pengajuan pembelian secara kredit dari lembaga keuangan, dan asuransi yang terintegrasi dalam ekosistem Grup Astra. Pengguna aplikasi Mobbi tercatat sekitar 8,12 juta hingga akhir 2022. 


Di sisi lain OLX Indonesia menjalankan bisnis utama, yakni situs iklan baris online. Di mana, OLX Auto sebagai salah satu lini bisnisnya, menjadi platform milik OLX Indonesia yang mengoperasikan bisnis jual-beli mobil bekas secara online. OLX Autos mengklaim sebagai pemimpin pasar mobil bekas di Indonesia dengan berbagai merek dan telah memiliki 21 toko yang mayoritas tersebar di pulau Jawa dan Bali.


Negosiasi antara Astra Digital Mobil dan OLX telah berlangsung selama beberapa bulan dan akhirnya mencapai kesepakatan pada minggu ketiga bulan Juli. Namun, masih belum jelas apakah OLX Autos akan merger dengan Mobbi atau kedua perusahaan tersebut akan beroperasi secara terpisah.


Kemungkinan ASII akan meminta restu kepada pemegang saham terkait akuisisi OLX pada rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) ASII yang dilaksanakan pada 14 Agustus mendatang. 


Hingga saat ini perseroan belum menjelaskan lebih lengkap tentang tujuan akuisisi, nilai akuisisi, dan dampaknya terhadap bisnisnya. Dengan begitu prospek bisnisnya belum bisa dijabarkan secara rinci.


Namun, hal ini secara umum akan memberi dampak positif pada pertumbuhan jangka panjang ASII. Sebab aksi akuisisi ini dapat menambah pendapatan perusahaan yang pada akhirnya tercermin pada harga sahamnya yang diapresiasi oleh para pelaku pasar.


Mau tahu potensi saham ASII saat ini? Bagaimana strateginya? Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi