Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Saham MEDC Diborong Direkturnya, Simak Katalis Positif yang Akan Dorong Kinerjanya

21 Jul 2023, 09:00 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Banyak orang yang bilang “belilah saham perusahaan yang pemimpinnya juga membeli saham tersebut”. Sebab hal itu menunjukkan bahwa mereka percaya dengan performa perusahaan yang dipimpin.


Nah, baru-baru ini tersiar kabar saham PT Medco Energi International Tbk (MEDC) diborong oleh dua direkturnya, yakni Amri Siahaan dan Roberto Lorato. Amri membeli sebanyak 1 juta lebih saham MEDC dengan harga rata-rata Rp899 per lembar saham. Sehingga nilai transaksinya mencapai Rp950,69 juta untuk tujuan investasi pribadi.


Sedangkan Roberto membeli sebanyak 3,37 juta saham di harga rata-rata Rp930 per saham. Dengan begitu nilai transaksinya mencapai Rp3,13 miliar. 


Memang apa sih katalis positif yang akan mendorong sahamnya ke depan?


Berbicara tentang kinerja MEDC, tidak lepas dari pergerakan harga minyak dunia. Sudah sebulan terakhir harganya terus mengalami penguatan. Minyak brent naik 4,78% ke harga saat ini di US$79,53 per barel, sedangkan West Texas Intermediate (WTI) naik 7% ke US$75,44 per barrel.


Kenaikan tersebut didorong oleh keputusan Arab Saudi untuk memperpanjang pengurangan produksi 1 juta barel per hari sampai Agustus mendatang. Di mana, negara ini memiliki peran penting dalam perdagangan minyak lantaran merupakan eksportir minyak terbesar di dunia. Sehingga keputusan seperti pengurangan produksi akan sangat mempengaruhi suplai minyak dunia yang pada akhirnya akan menaikkan harga.


Selain itu Rusia dan Aljazair juga memangkas produksi dan ekspor pada bulan Agustus nanti masing-masing sebesar 500.000 barel per hari dan 20.000 barel per hari.


Adapun pemerintah China mengumumkan akan memberikan stimulus untuk memulihkan perekonomian. Hal ini akan membawa angin segar ke pasar minyak karena China adalah konsumen minyak terbesar di dunia.


Naiknya harga minyak global akan berdampak positif pada MEDC karena mayoritas harga jual terindeks dengan harga minyak global. Jadi, saat harga minyak global naik, otomatis harga jual rata-rata atau average selling price (ASP) juga naik meskipun terdapat time lag. Dengan begitu MEDC akan diuntungkan dari sisi pendapatan yang berpotensi bertambah.


Lalu, bagaimana analisis saham MEDC secara teknikal? Bagaimana strategi tradingnya? Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi