Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

SIDO Incar Pertumbuhan Penjualan 15% di 2023 Setelah Catatkan Penurunan Tahun Lalu

6 Jul 2023, 11:39 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) optimis penjualan bisa naik dua digit sekitar 10-15% di tahun 2023. Di mana, sepanjang tahun lalu SIDO mencatatkan penurunan kinerja dari sisi penjualan dan laba bersih. Penjualan 2022 terkoreksi 3,98% menjadi Rp3,86 triliun, sedangkan laba bersih 12,69% menjadi Rp1,10 triliun.


Beberapa penyebabnya antara lain faktor normalisasi permintaan dari high base di tahun sebelumnya karena virus Covid-19 varian Delta. Adapun masa inflasi yang tinggi menekan daya beli masyarakat dan menaikkan harga bahan baku.


Untuk itu, SIDO telah menyiapkan sejumlah strategi guna menyehatkan kinerja keuangan sepanjang tahun 2023. Salah satunya adalah menggenjot pengembangan bisnis anak usaha. Sementara itu dalam jangka pendek perseroan akan melakukan perbaikan sistem distribusi dan memotong jalur distribusi supaya menjadi lebih singkat.


Selain itu, aplikasi My Sidomuncul akan dirilis dalam waktu dekat. Aplikasi ini bertujuan agar mitra toko bisa memesan ke distributor dengan lebih mudah. 


Kemudian dalam jangka panjang, SIDO akan terus mengembangkan dan merilis produk baru. Beberapa produk baru yang diluncurkan akhir tahun lalu, yaitu Sido Rempah dan Vitamin C1000 siap minum.


Adapun rencana untuk memperkuat penjualan ekspor dengan menambah distributor baru di pasar Malaysia, Filipina, dan Nigeria. Tidak hanya itu, SIDO kemungkinan juga akan melakukan akuisisi ke depannya jika ada target yang cocok dan bagus.


Di tahun ini, SIDO sudah menyiapkan belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp197 miliar untuk pengembangan bisnis. Rinciannya, untuk project greenhouse dan modal penambahan peralatan produksi serta peralatan research and development.


Serapan capex hingga akhir Mei sudah mencapai Rp70,92 miliar atau setara 36% dari total capex tahun ini.


Baca juga: GOTO Berpotensi Raup Untung Rp179 M, Apa Pendorongnya?


Mau tahu selengkapnya tentang analisis saham SIDO? Apa strategi yang harus digunakan agar profit maksimal dan risiko terjaga? 


Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi