Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

GOTO Berpotensi Raup Untung Rp179 M, Apa Pendorongnya?

3 Jul 2023, 13:28 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Seperti diketahui, hingga saat ini giant tech PT Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) memang masih mengalami rugi. Sehingga perbaikan kinerja keuangan GOTO masih menjadi perhatian utama investor. Kabar baiknya, efisiensi besar-besaran dan perubahan direksi serta komisaris diprediksi bakal menjadi kunci pendorong profitabilitas saham 


Hal ini sejalan dengan proyeksi pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) yang disesuaikan pada kuartal IV/2023 akan mengalami perbaikan dan mencapai Rp69 miliar. Dari sisi manajemen, optimisme didorong oleh perkiraan pengurangan cash burn (aksi bakar uang) tahunan sebesar 60-65% di tahun 2023.  


Selanjutnya, tren perbaikan diprediksi akan terus berlanjut pada tahun 2024 dengan EBITDA yang disesuaikan mencapai Rp179 miliar.


Secara lebih detail, rugi EBITDA tahun 2023 akan terpangkas 44,70% menjadi Rp4,7 triliun dari Rp8,5 triliun. Sementara itu gross transaction value (GTV) pada kuartal II/2023 diperkirakan turun 2,7% secara tahunan dan 1,4% secara kuartalan. Tidak hanya itu, biaya terhadap total pendapatan diprediksi turun Rp800 miliar.


Meskipun GOTO masih rugi di kuartal I/2023, angkanya sudah jauh membaik hingga 41% menjadi Rp3,9 triliun dari sebelumnya Rp6,6 triliun. Hal ini didorong oleh efisiensi di mana biaya promosi dan insentif hanya Rp2,63 triliun. Itu berarti GOTO hemat lebih dari Rp1,08 triliun karena biayanya berhasil ditekan 29,1% dari Rp3,73 triliun.


Adapun efisiensi beban umum dan administrasi sebesar 11% menjadi Rp2,3 triliun serta beban penjualan dan pemasaran sebesar 50,7% menjadi Rp1,63 triliun.


Dari situ dapat disimpulkan bahwa aksi efisiensi GOTO sudah memberikan dampak langsung dari sisi tingkat kerugian yang berhasil ditekan cukup signifikan. 


Di sisi lain kenaikan suku bunga BI yang ditahan untuk ke sekian kalinya turut membawa angin segar bagi emiten teknologi seperti GOTO. Sebab dengan begitu GOTO akan diuntungkan dari beban yang dikeluarkan menjadi lebih ringan.


Mau tahu lebih banyak tentang potensi saham GOTO? Apakah saat ini cukup potensial? Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi