Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

SMRA Optimis Pendapatan Naik 10% di 2023, Ini Alasannya

19 Jun 2023, 16:50 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Emiten properti PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menargetkan pendapatan dapat tumbuh 10% sepanjang tahun 2023 dibanding tahun sebelumnya di mana realisasi mencapai Rp5,71 triliun.


Optimisme berlandaskan unit usaha investment property yang membukukan pertumbuhan cukup tinggi di sepanjang tahun lalu. Tiga mall Summarecon yang beroperasi penuh mendapatkan tingkat kunjungan yang cukup tinggi di mana hampir menyamai angka kunjungan sebelum masa pandemi. 


Saat ini, SMRA sedang fokus mengembangkan beberapa proyek yang masih dalam tahap pembangunan. Di antaranya adalah Summarecon Villaggio Outlets - Jakarta Timur yang terletak di Summarecon Emerald Karawang, serta Summarecon Mall Bandung yang berada di kawasan Summarecon Bandung.


Di sisi lain target marketing sales atau marketing sales dipertahankan di Rp5 triliun. Target tersebut mengandalkan dari beberapa proyek eksisting. Hingga bulan April, marketing sales tercatat Rp1,1 triliun atau memenuhi 22% dari target. Kontribusi didominasi penjualan rumah sebesar 45%.


Selain itu penjualan residensial juga diharapkan dapat memberikan kontribusi pendapatan yang signifikan. Hal ini terlihat pada tahun 2022 75% marketing sales berasal dari residensial dengan harga berkisar antara Rp1,5 miliar hingga Rp2,5 miliar. Sementara itu, penjualan ruko mencapai 9% dan penjualan apartemen sebesar 4%.


Untuk mencapai semua target, SMRA menyiapkan belanja modal atau capex sebesar Rp700 miliar. Rencananya, akan digunakan untuk mengakuisisi lahan baru dan mengembangkan proyek-proyek baru. Hingga kuartal I/2023, SMRA sudah menggunakan capex sebesar Rp300 miliar.


Sebagai informasi, pada kuartal I/2023 laba bersih SMRA naik signifikan 54,83% menjadi Rp271,71 miliar dari Rp175,04 miliar. Hal ini ditopang oleh pendapatan yang tumbuh 2,04% menjadi Rp1,49 triliun dari Rp1,46 triliun. 


Saat ini saham SMRA diperdagangan di 10,63 kali untuk PER dan 1,22 kali untuk PBV. Lalu, bagaimana strategi trading saham SMRA agar profit maksimal ? Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. 


Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi