Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

ELSA Optimis Laba Tumbuh Hingga 20% di Kuartal II/2023, Ini Alasannya

13 Jun 2023, 15:21 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Pada paruh kedua tahun ini PT Elnusa Tbk (ELSA) menargetkan pertumbuhan laba hingga 10%-20% secara tahunan. Keyakinan ini muncul didorong oleh kinerja jasa distribusi dan logistik energi, pekerjaan workover, serta Well Testing & EPC-OM. Utilisasi rig milik ELSA saat ini pun sudah mencapai 100% di proyek PT Pertamina Hulu Sanga-Sanga, Kalimantan Timur. 


Selain itu rig ELSA yang bernama Elnusa Modular Rig 01 (EMR-01) baru-baru ini turut berkontribusi dalam mendukung temuan cadangan migas baru PT Pertamina Hulu Sanga-Sanga.


Meskipun utilisasi rig mencapai 100%, ELSA tidak berencana menambah rig baru tahun ini. Namun, perusahaan sedang dalam proses meningkatkan kapasitas peralatan hydraulic workover unit yang ada menjadi hydraulic drilling unit.


ELSA juga akan tetap fokus pada portofolio bisnis jasa hulu migas, jasa distribusi dan logistik energi, serta jasa pendukung migas. Tidak hanya itu, perseroan tengah melakukan kajian bisnis baru seperti smart water meter, battery management system, dan Vibroseismic EOR.


Sepanjang kuartal I/2023 ELSA mencatat kenaikan laba bersih 53% menjadi sebesar Rp115 miliar dari sebelumnya  Rp 75 miliar. Hal ini didukung oleh naiknya pendapatan usaha 29% menjadi sebesar Rp3,1 triliun dari Rp 2,4 triliun.


Secara rinci, pendapatan usaha konsolidasi didistribusikan melalui segmen jasa distribusi dan logistik energi sebesar 55%, jasa hulu migas sebesar 32%, dan jasa penunjang sebesar 13%.


Adapun jumlah kas dan setara kas perusahaan tumbuh 82% menjadi Rp2,06 triliun dari periode yang sama pada tahun 2022 sebesar Rp1,133 triliun.


Untuk diketahui, ELSA telah menggunakan 31% dari anggaran belanja modal (capex) sebesar Rp500 miliar di tahun 2023. Sebagian besar, yaitu 63%, dialokasikan untuk pertumbuhan bisnis, 35% untuk mempertahankan kapasitas, dan sisanya digunakan untuk keperluan non-proyek.


Mau tahu lebih banyak terkait prospek saham dari perusahaan jasa migas milik PT Pertamina ini? Dan bagaimana strategi tradingnya? Apakah cukup potensial? 

Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

Laba Bersih ICBP Terkoreksi Efek Pembengkakan Beban Keuangan

2 Mei 2024, 17:20 WIB
article
ArtikelInsight

Performa Keuangan ASII di Kuartal I/2024 Menurun, Ini Penyebabnya

30 Apr 2024, 16:18 WIB
article
ArtikelInsight

Performa Keuangan UNVR Membaik, Gimana Efek Penarikan Es Krim?

26 Apr 2024, 15:09 WIB
article
ArtikelInsight

BBRI Cetak Laba Bersih Naik Tipis 2,7% Jadi Rp15,6 Triliun

25 Apr 2024, 13:06 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi