Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-icon

Kinerja Saham Indofood Sejak IPO, Udah Cuan Berapa?

8 Jun 2023, 08:58 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
kinerja saham indofood

Kinerja Saham Indofood - Indofood (INDF) adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan makanan. Perusahaan ini memiliki lima segmen bisnis utama. 


  • Segmen produk konsumen bermerek yang melibatkan anak perusahaan bernama PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP). Produk-produk ICBP termasuk susu, makanan ringan, biskuit, bumbu, minuman, serta makanan khusus dan bernutrisi.

  • Segmen bogasari yang berfokus pada produksi tepung gandum dan pasta. Beberapa merek terkenal dalam segmen ini adalah Cakra Kembar dan Segitiga Biru.

  • Segmen agrobisnis yang mencakup kegiatan budi daya kelapa sawit, penggilingan, serta produksi minyak goreng, margarin, dan mentega dengan merek tertentu.

  • Segmen distribusi yang berkaitan dengan kegiatan distribusi produk makanan ke berbagai tempat.

  • Segmen budi daya dan pengolahan sayuran yang dijalankan oleh anak perusahaan berbasis di Tiongkok, yaitu China Minzhong Food Corp Ltd.


Saham INDF menjadi salah satu saham berkapitalisasi besar yang cukup digemari oleh investor, terutama investor jangka panjang. Pada artikel kali ini kita akan mengulas sinkat terkait pergerakan harga sahamnya. Langsung saja simak di bawah ini.

Kinerja Saham Indofood Secara Historis

Saham Indofood pertama kali dicatat di bursa sejak 14 Juli 1994 dengan harga penawaran Rp6.200 per lembar saham. Indofood pernah melakukan stock split atau pemecahan saham sebanyak dua kali pada tahun 1996 dan 2000 masing-masing rasio 1:2 dan 1:5. 


Secara historis sahamnya bergerak naik stabil. Namun, untuk saat ini cenderung sideways pasca pandemi Covid-19 di tahun 2020 yang memberi dampak signifikan pada bisnis Indofood sebagai perusahaan consumer goods. 


Jika dihitung berdasarkan harga IPO, kinerja saham Indofood 20,2% per harga saat ini di level Rp7.450 per lembar. Sedangkan secara year-to-date sahamnya naik 10,41% dengan investor asing masih tercatat net buy di pasar reguler sebesar Rp88,8 miliar.


Baca juga: Update Terbaru Saham Indeks MSCI, Cek di Sini!

Berapa Return yang Didapat Sejak IPO?

Kira-kira berapa sih return-nya jika hold saham Indofood sejak IPO? Nah, untuk mengetahuinya kita perlu menggunakan satuan lot lama, di mana 1 lot masih setara 500 lembar saham. Apabila kamu beli 1 lot saham Indofood sejak IPO, maka simulasi keuntungan yang didapat:

 Rp6.200 x 500 = Rp3.100.000 modal untuk beli 1 lot saham Indofood.


Berhubung Indofood pernah stock split dua kali dengan rasio 1:2 dan 1:5, otomatis jumlah lembar yang dimiliki berubah menjadi 5.000 lembar. Dengan begitu jika mengacu pada harga saat ini di Rp7.450, nilai aset 5.000 lembar saham Indofood sudah bernilai Rp37.250.000 Itu berarti kinerja saham Indofood sudah menghasilkan profit sekitar 1.101,6%.


Baca juga: Bye Bye Sektor Energi, IHSG Mulai Rotasi Sektoral ke Konsumer

Kinerja Keuangan Indofood Terbaru

Sepanjang kuartal pertama, Indofood berhasil membukukan kenaikan laba bersih sebesar 63% menjadi Rp3,85 triliun dari periode sama tahun lalu Rp2,36 triliun. Hal itu didorong oleh kenaikan penjualan 11% menjadi Rp30,45 triliun dari Rp27,44 triliun.


Peningkatan penjualan didorong oleh penjualan kepada pihak ketiga sebesar Rp 28,28 triliun, naik 12,09%, dan penjualan kepada pihak berelasi sebesar Rp 2,26 triliun, naik 2,03%.

Naiknya penjualan disertai dengan kenaikan beban pokok penjualan sebesar 14,4% menjadi Rp21,05 triliun. 


Adapun faktor penopang laba bersih lainnya karena penghasilan keuangan Indofood naik 2.213% menjadi Rp 2,27 triliun. Penghasilan keuangan ini berasal dari laba bersih yang diperoleh dari selisih nilai tukar mata uang asing dalam aktivitas pendanaan.


Baca juga: Silang Sengkarut Utang BUMN Karya, Gimana Nasibnya?


Setelah tahu gambaran terkait kinerja saham Indofood secara historis, kira-kira bagaimana prospek sahamnya? Apakah saat ini cukup potensial?  Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade.


Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.


Pakai kode promo: BLOG (untuk dapat bonus 1 bulan)

kinerja saham indofood

Atau hubungi tim sales Emtrade + 6282134277144

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

Dukung Prabowo-Gibran, Intip Kinerja Emiten Thohir Bersaudara

15 Feb 2024, 16:19 WIB
article
ArtikelInsight

Pendapatan ADMR Tumbuh 6,4% Jadi US$463 Juta, Simak Rincian Kinerjanya

2 Sep 2023, 00:00 WIB
article
ArtikelInsight

Begini Alasan LPKR Bisa Ubah Rugi Jadi Laba Tapi Kinerja Kuartalan Masih Turun

3 Agu 2023, 08:49 WIB
article
Artikel

Kinerja Saham MYOR yang Pernah Stock Split dengan Rasio Besar

7 Jul 2023, 13:16 WIB
kinerja saham myor
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi