Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-icon

Profil Bisnis Saham MLPL yang Balikkan Rugi Jadi Laba, Begini Rinciannya

29 Mei 2023, 09:27 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
saham mlpl

Saham MLPL - Memasuki periode kuartal kedua tahun 2023, banyak emiten yang telah merilis laporan kinerja keuangan mereka untuk periode kuartal pertama. Salah satunya adalah PT Multipolar Tbk (MLPL) yang mampu membalikkan kondisi rugi menjadi laba. Memang apa pendorongnya?


Sebelum kita bahas lebih lanjut tentang kinerja emiten Grup Lippo ini, rasanya kurang afdol kalau belum kenalan dengan bisnisnya dulu. Jadi, mari kita simak penjelasan singkat profil bisnis dari saham MLPL di bawah ini.

Profil Bisnis MLPL

MLPL merupakan perusahaan induk investasi yang bermarkas di Indonesia. Perusahaan ini memiliki beberapa segmen bisnis, antara lain teknologi informasi (TI), retail konsumen, multimedia, dan layanan lainnya. 


Segmen TI fokus pada penyediaan perangkat keras dan infrastruktur TI, solusi bisnis, perangkat lunak, serta layanan konsultasi profesional untuk sektor perbankan, jasa keuangan, retail, dan manufaktur. 


Sementara itu segmen retail konsumen bertanggung jawab atas operasional department store Matahari dan supermarket melalui anak perusahaannya, PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) dan Time Zone.


Adapun divisi multimedia saham MLPL bergerak di bidang hybrid fiber coaxial (HFC), yaitu jaringan kabel dua arah untuk broadband, melalui investasi perusahaan di PT First Media Tbk. 


Sedangkan segmen bisnis lainnya dijalankan oleh PT Multifiling Mitra Indonesia Tbk yang berfokus pada pengelolaan data dan pengarsipan dokumen.


MLPL pertama kali terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 6 November 1989. Ada lebih dari 4,3 juta saham yang ditawarkan ke publik dengan harga Rp10.500 per lembar saham. Dengan begitu perseroan meraup dana segar sebesar Rp45,4 miliar.


Baca juga: Bye Bye Sektor Energi, IHSG Mulai Rotasi Sektoral ke Konsumer

Kinerja Terbaru Saham MLPL

MLPL berhasil mencetak laba bersih sebesar Rp29,37 miliar dari periode yang sama tahun sebelumnya yang rugi Rp69,16 miliar. Di sisi lain penjualan bersih justru turun 6,96% menjadi Rp2,51 triliun dari sebelumnya Rp2,7 triliun.


Penjualan MLPL selama tiga bulan pertama tahun ini masih didominasi oleh penjualan eceran dan distribusi dengan nilai mencapai Rp1,79 triliun. Diikuti oleh penjualan teknologi informasi Rp 611,90 miliar serta administrasi saham dan lainnya Rp108,42 miliar.


Penurunan penjualan masih tertolong oleh pendapatan investasi yang naik 156% menjadi Rp127,74 miliar. Bagian atas laba bersih entitas asosiasi juga tumbuh 905% menjadi Rp42,63 miliar. 


Adapun beban pokok penjualan barang dan jasa MLPL mengalami penurunan sebesar 5,94% menjadi Rp 2,10 triliun. Beban keuangan juga turun 20,5% menjadi Rp82,03 miliar.


Baca juga: Era Kendaraan Listrik, Prospek Saham SLIS Menjanjikan?


Lalu, apakah saham MLPL potensial untuk buy saat ini? Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.


Pakai kode promo: BLOG (untuk dapat bonus 1 bulan)

saham mlpl

Atau hubungi tim sales Emtrade +6282134277144



emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

Laba Bersih ICBP Terkoreksi Efek Pembengkakan Beban Keuangan

2 Mei 2024, 17:20 WIB
article
ArtikelInsight

Performa Keuangan ASII di Kuartal I/2024 Menurun, Ini Penyebabnya

30 Apr 2024, 16:18 WIB
article
ArtikelInsight

Performa Keuangan UNVR Membaik, Gimana Efek Penarikan Es Krim?

26 Apr 2024, 15:09 WIB
article
ArtikelInsight

BBRI Cetak Laba Bersih Naik Tipis 2,7% Jadi Rp15,6 Triliun

25 Apr 2024, 13:06 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi