Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

BBKP Right Issue Jumbo, Buat Apa dan Gimana Prospeknya?

22 Mei 2023, 14:39 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP) akan menambah modalnya melalui aksi korporasi right issue dengan menerbitkan saham baru sebanyak 120 miliar lembar saham dengan besaran Rp100 per saham. Maka perseroan akan memperoleh total dana sebesar Rp12 triliun, terbesar di tahun 2023.

Kookmin Bank, sebagai pemegang saham mayoritas akan menjadi standby buyer atau pembeli siaga atas right issue ini dengan menyediakan dana untuk menyerap 100% saham baru.

Berdasarkan keterangan, dana segar yang potensi dicapai tersebut akan digunakan untuk mengembangkan bisnis dan investasi di sektor teknologi informasi untuk melakukan transformasi digital.

BBKP berencana melakukan ekspansi kredit pada segmen usaha UMKM, wholesale, maupun ritel. Pada segmen wholesale BBKP akan melakukan ekspansi melalui Korean Link Business. Sedangkan untuk segmen UMKM, penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) akan dioptimalkan dengan kuota dari pemerintah untuk tahun ini sebesar Rp500 miliar.

Tidak hanya itu, serapan modal melalui right issue juga diharapkan bisa menyehatkan aset guna mencapai rasio kredit bermasalah (non performing loan/NPL) yang sehat. Di tahun ini setidaknya ada Rp2 triliun kredit bermasalah yang harus dijual. BBKP menargetkan NPL di bawah 5%dan loan at risk (LAR) di bawah 20% pada akhir tahun 2023l serta menyehatkan aset.

Meskipun rencana right issue sudah dapat restu OJK, pihak BBKP belum mengumumkan jadwal pelaksanaannya hingga artikel ini dibuat.

Lalu, bagaimana prospek right issue-nya?

Mengingat right issue BBKP sudah ada standby buyer yang siap menyerap haknya 100%, maka ada kepastian bagi BBKP dalam hal keberhasilan dana yang bisa diraih. Ini bagus terlebih lagi jumlahnya yang jumbo akan digunakan untuk ekspansi dan menguatkan struktur modal. 

Total UMKM di Indonesia sendiri tembus 8,71 juta unit usaha pada tahun 2022, sedangkan persentase unbanked sebesar 51% dari penduduk dewasa. Sehingga ekspansi serta transformasi digital BBKP memiliki potensi yang atraktif dalam hal memberikan pembiayaan pada segmen UMKM.

Terlepas dari itu, pergerakan harga di masa right issue yang cenderung lebih volatile harus tetap diantisipasi.

Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi