Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Merger Indihome-Telkomsel Hasilkan TLKM EBITDA Rp5 T dan Hemat Capex Rp300 M

16 Mei 2023, 08:46 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Beberapa bulan lalu tersiar kabar rencana strategi Five Bold Moves oleh Telkom Group guna menciptakan aliran pendapatan baru dan memperkuat posisi perusahaan di pasar telekomunikasi digital. Implementasinya dimulai dengan aksi merger Telkomsel dan anak usaha Indihome yang bakal efektif bulan Juli mendatang.

Setelah merger, Telkom diperkirakan bisa menghemat belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp300 miliar per tahun melalui segmen Fixed-Mobile Convergence (FMC). Selain itu, perseroan juga berpotensi mendapatkan tambahan Rp5 triliun pada 2027 dalam bentuk earnings before interest, taxes, depreciation, and amortization (EBITDA).

Konsolidasi bisnis fixed broadband dan seluler Telkom diharapkan akan meningkatkan efisiensi kinerja perusahaan. Penurunan capex akan terjadi dan Telkom akan mendapatkan pendapatan tambahan berkat penetrasi yang lebih kuat di pasar.

Selain itu, performa Telkom yang mencatatkan peningkatan volume data pelanggan selama Lebaran juga memberikan sentimen positif bagi kinerja perusahaan. Pertumbuhan jumlah pelanggan dan application service provider (ASP) yang diharapkan menjadi penggerak utama kinerja Telkom tahun ini juga turut berkontribusi.

Dalam menghadapi musim Pemilu, peningkatan lalu lintas data biasanya terjadi. Oleh karena itu, pendapatan inti Telkom diperkirakan akan tumbuh sebesar 21,6% dan 7,3% pada tahun 2023-2024, didukung pertumbuhan penggunaan data dan bisnis FMC.

Selengkapnya tentang dampak merger Telkomsel dan Indihome bisa kamu baca di artikel berikut ini.

Baca juga: Telkomsel dan Indihome Merger, Ini Keuntungan untuk TLKM

Mau tahu strategi trading/investasi sahamnya? Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi