Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-icon

Kinerja 2023 Berpotensi Ditopang 3 Katalis, Ini Prospek Saham SMDR

12 Mei 2023, 15:54 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
prospek saham smdr

Prospek Saham SMDR – Masih dalam musim pembagian dividen, PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) menjadi salah satu emiten yang berpotensi akan membagikan dividen dalam waktu dekat. 

Perseroan mengusulkan dividen total Rp655 miliar yang terdiri atas dividen interim yang sudah dibagikan pada tahun lalu senilai Rp163,8 miliar atau Rp10 per saham. Sedangkan sisanya sebanyak Rp491,3 miliar atau Rp30 per saham pada tahun ini.  

Jika kamu penasaran dengan potensi dari saham emiten logistik ini, langsung saja simak ulasan singkatnya tentang prospek saham SMDR di bawah ini.

Profil Bisnis SMDR

PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) adalah perusahaan yang berfokus pada bidang jasa pelayaran dan logistik. SMDR menyediakan berbagai layanan, termasuk pergudangan dan pusat distribusi, depo peti kemas, transportasi darat, pelabuhan, pelayaran peti kemas, pengangkutan barang curah kering, dan jasa pendukung lepas pantai.

  • Samudera Shipping: Keagenan perusahaan pelayaran, pelayaran curah kering, pelayaran curah cair, pengangkutan gas, jasa pendukung lepas pantai, pelayaran peti kemas, dan jasa pengelolaan kapal.
  • Samudera Ports: fokus pada pengelolaan terminal curah, terminal peti kemas, terminal serba guna, dan penyediaan peralatan pendukung pelabuhan.
  • Samudera Logistics: layanan pengiriman barang terintegrasi dengan berbagai jenis, ukuran, dan moda transportasi hingga tujuan akhir. Ini mencakup layanan pergudangan, distribusi, cold storage, depo peti kemas, dan transportasi darat.
  • Samudera Property: Pengelolaan aset properti perusahaan, termasuk investasi properti, pengembangan dan manajemen properti, serta proyek konstruksi.
  • Samudera Services: Penyokong operasional menyeluruh kepada semua unit usaha perusahaan. Ini termasuk layanan konsultasi, layanan ketenagakerjaan, dan layanan dukungan umum.

Baca juga: Kinerja Laba Bersih INTP Melesat 103%, Begini Rencana Perseroan di 2023

Prospek Saham SMDR

Pada kuartal I/2023 SMDR membukukan penurunan laba bersih sebesar 53% secara tahunan menjadi US$27,4 juta dari US$58,39 juta. Hal ini dikarenakan oleh pendapatan yang turun 17% secara tahunan menjadi US$207,7 juta dari sebelumnya US$250 juta. Biaya jasa juga meningkat 3,6% menjadi US$155,34 juta dari sebelumnya US$149,86 juta.

Meski begitu posisi neraca keuangan SMDR makin baik di mana kas dan setara kas tumbuh 69% menjadi US$480 juta dari sebelumnya US$285,7 juta.

Prospek saham SMDR di tahun ini berpotensi akan diwarnai oleh beberapa katalis positif seperti ekonomi Indonesia yang masih cukup solid, sehingga minim terkena dampak krisis global. Selain itu biaya ongkos angkut di sisa tahun 2023 kemungkinan trennya akan bergerak naik.

Selain itu kinerja SMDR berpotensi diuntungkan dari aktivitas pertambangan batu bara dan mineral yang masih cukup bergairah di sepanjang tahun ini.

Sementara itu untuk jadwal pembagian dividen masih menunggu pengumuman dari pihak perusahaan.

Baca juga: Pendapatan Naik Tapi Laba Turun, Begini Prospek Saham IATA

Gimana? Mau tahu prospek saham SMDR lebih lengkap? Apakah sahamnya potensial untuk buy? Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade.

Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Pakai kode promo: BLOG (untuk dapat bonus 1 bulan)

prospek saham smdr

Atau hubungi tim sales Emtrade +6282134277144


emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

Laba Bersih ICBP Terkoreksi Efek Pembengkakan Beban Keuangan

2 Mei 2024, 17:20 WIB
article
ArtikelInsight

Performa Keuangan ASII di Kuartal I/2024 Menurun, Ini Penyebabnya

30 Apr 2024, 16:18 WIB
article
ArtikelInsight

Performa Keuangan UNVR Membaik, Gimana Efek Penarikan Es Krim?

26 Apr 2024, 15:09 WIB
article
ArtikelInsight

BBRI Cetak Laba Bersih Naik Tipis 2,7% Jadi Rp15,6 Triliun

25 Apr 2024, 13:06 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi