Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

MBMA Akuisisi Perusahaan Nikel Senilai Rp1,12 T, Ini Prospeknya

10 Mei 2023, 13:51 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
saham mbma

PT Merdeka Battery Materials (MBMA) mengakuisisi 60% saham senilai US$75 juta atau setara Rp1,12 triliun di PT Huaneng Metal Industry (HNMI), perusahaan di Indonesia Morowali Industrial Park yang bergerak di bidang konversi nikel matte. Transaksi ini diperkirakan selesai pada pertengahan 2023.

Perusahaan tersebut didirikan oleh Eternal Tsingshan Group Limited, mitra operasional MBMA, yang kepemilikannya di HNMI akan menjadi 40% setelah transaksi.

HNMI mengolah nikel matte dengan kandungan rendah atau low-grade nickel matte (LGNM) yang diproduksi oleh pabrik peleburan menggunakan teknologi rotary kiln electric furnace (RKEF). Teknologi ini dapat mengurangi kadar besi dan menghasilkan high-grade nickel matte (HGNM), yaitu lebih dari 70% nikel.

HNMI sendiri mampu memproduksi 50.000 ton nikel matte per tahun. Produk nikel matte dengan kandungan tinggi ini telah mencapai margin EBITDA tambahan yang lebih tinggi daripada margin nickel pig iron (NPI) sekitar US$2.000 per ton.

Awalnya Tsingshan yang memasok LGNM untuk HNMI dengan premi kecil sesuai harga NPI yang berlaku. Dengan ini, HNMI mendapatkan manfaat dari margin tambahan antara NPI dan LGNM.

Seiring berjalannya waktu, MBMA akan melakukan perubahan pada jalur smelter RKEF milik mereka agar dapat langsung memasok HNMI.

Akuisisi ini menunjukkan kemampuan MBMA untuk mendapatkan keuntungan atau margin tambahan dari produksi dan penjualan LGNM serta memproduksi berbagai intermediet nikel untuk memanfaatkan dinamika pasar. 

Selain itu MBMA juga dapat melakukan transisi basis aset RKEF yang lebih besar ke produk nikel kelas 1 sebagai bahan baterai guna mendukung perkembangan kendaraan listrik.

Untuk diketahui, MBMA baru saja mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 18 April 2023. Jumlah total saham yang dilepas sebanyak 11,5 miliar saham baru. Dengan harga pelaksanaan Rp795 per saham, MBMA berhasil mengumpulkan dana sekitar Rp 9,2 triliun.

Mau tahu potensi dan strategi trading saham MBMA? Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi