Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-icon

Harga Amoniak Bikin Kinerja Menurun, Gimana Prospek Saham ESSA?

9 Mei 2023, 09:32 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
prospek saham essa

Prospek Saham ESSA – PT Surya Esa Perkasa Tbk (ESSA) adalah perusahaan energi terkemuka di Indonesia yang bergerak dalam sektor minyak dan gas. Perusahaan ini memiliki portofolio yang kuat dalam eksplorasi, produksi, dan distribusi minyak dan gas bumi. ESSA telah menunjukkan kinerja yang mengesankan dengan meningkatkan produksi minyak dan gasnya secara konsisten dalam beberapa tahun terakhir.

Sejalan dengan pertumbuhan sektor energi yang kuat di Indonesia, prospek saham ESSA diharapkan terus meningkat dan mampu memberikan keuntungan yang menarik bagi para pemegang sahamnya. Langsung saja simak ulasan singkat di artikel berikut ini.

Profil Bisnis ESSA

PT Surya Esa Perkasa Tbk (ESSA) merupakan perusahaan yang berfokus pada penyediaan produk petroleum, khususnya minyak bumi. ESSA terlibat dalam berbagai kegiatan bisnis, termasuk produksi, perdagangan, ekspor, impor, dan distribusi LPG (Liquid Petroleum Gas), kondensat, serta propana, beserta usaha terkait lainnya.

Produk-produk yang ditawarkan oleh perusahaan ini meliputi LPG yang digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak dan otomotif, kondensat yang merupakan bahan baku untuk cat, thinner, lem, ban mobil, serta Nafta ringan, dan propana yang digunakan sebagai pengganti Freon atau refrigerant.

ESSA memiliki dan mengoperasikan pabrik pengilangan LPG domestik yang terletak di Sumatera Selatan, Indonesia. Selain itu, perusahaan ini memiliki beberapa anak perusahaan, antara lain PT SEPCHEM dan PT Panca Amara Utama. PT SEPCHEM merupakan anak perusahaan yang terlibat dalam bisnis kimia, sedangkan PT Panca Amara Utama berperan dalam pengolahan dan distribusi propana.

Baca juga: Profil Bisnis Saham BMTR dan Kinerja Terbarunya

Gimana Prospek Saham ESSA?

Pada kuartal I/2023, ESSA mencatatkan penurunan pendapatan sebesar 45% menjadi US$87,8 juta. Penurunan pendapatan sejalan dengan penurunan laba bersih 88% menjadi US$3 juta dari US$26 juta di kuartal I/2022.

Hal ini terutama disebabkan oleh normalisasi harga komoditas. Seiring dengan harga energi global yang kembali normal, harga amoniak global ikut melemah sepanjang tiga bulan pertama 2023. Sementara itu jumlah permintaan masih dalam pemulihan secara bertahap. Adapun faktor lainnya seperti penutupan dan pemeliharaan terjadwal pabrik amoniak selama tiga minggu.

Prospek saham ESSA dari sisi kinerja keuangan pada paruh kedua tahun 2023 berpotensi cukup baik. Alasannya karena harga amoniak dapat kembali normal ke level yang lebih baik setelah China reopening, kondisi Eropa yang masih di bawah tekanan harga gas tinggi, dan membaiknya permintaan dari sektor pupuk.

Baca juga: Meski Penjualan Turun, Laba Bersih RALS Naik Tipis di Kuartal I/2023

Kalau kamu masih penasaran dengan saham ini dan mau tahu lebih banyak, upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan. Supaya kamu jadi lebih yakin lagi dengan prospek saham ESSA.

Pakai kode promo: BLOG (untuk dapat bonus 1 bulan)

prospek saham essa

Atau hubungi tim sales Emtrade + 6282134277144

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

ASII Cetak Rekor Laba Bersih, Segini Potensi Dividennya

28 Feb 2024, 13:22 WIB
article
ArtikelInsight

Laba Bersih AALI Turun 34% Sepanjang 2023, Kapan Ada Perbaikan?

27 Feb 2024, 16:43 WIB
article
ArtikelInsight

Laba Bersih BFIN Turun Secara Tahunan Namun Naik Secara Kuartalan, Apa Penyebabnya?

26 Feb 2024, 15:43 WIB
article
ArtikelInsight

AUTO Cetak Kinerja Positif, Berapa Potensi Dividennya?

23 Feb 2024, 16:43 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi