Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-icon

Kinerja Positif di Kuartal I/2023, Cek Prospek Saham ANTM di Sini!

9 Mei 2023, 08:54 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
prospek saham antm

Prospek Saham ANTM –  Salah satu cara untuk mengetahui prospek saham dari suatu perusahaan adalah dengan menganalisis kinerja keuangan mereka. Hal ini meliputi pendapatan, laba bersih, dan pertumbuhan perusahaan dalam beberapa tahun terakhir.

Selain itu, analisis fundamental lainnya juga harus dipertimbangkan, termasuk industri yang menjadi sektor bisnis perusahaan, persaingan, dan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan. Baru setelah itu investor dapat mempertimbangkan apakah saham tersebut memiliki potensi pertumbuhan yang menjanjikan atau tidak.


Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas singkat prospek saham ANTM. Jadi bagi kamu yang penasaran, pastikan simak ulasannya sampai selesai, ya!

Profil Bisnis ANTM

PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) adalah perusahaan logam dan pertambangan yang berbasis di Indonesia. Perusahaan ini memiliki kegiatan usaha yang terdiversifikasi dan terintegrasi secara vertikal. ANTM aktif dalam eksplorasi, eksploitasi, pengolahan, pemurnian, dan pemasaran berbagai komoditas logam, seperti bijih nikel, feronikel, emas, perak, bauksit, batu bara, dan logam mulia lainnya.

Bisnis ANTM terbagi menjadi beberapa segmen, termasuk segmen nikel, segmen emas, segmen pemurnian, dan segmen operasional lainnya.

Dalam segmen nikel, ANTM beroperasi dalam eksplorasi dan produksi bijih feronikel serta nikel. Sementara itu, segmen emas dan pemurnian berfokus pada produksi emas, perak, platina, dan paladium, serta pemurnian logam-logam tersebut. Segmen operasional lainnya mencakup kegiatan ANTM dalam bidang bauksit dan batu bara.

ANTM juga memiliki beberapa anak perusahaan, seperti Asia Pacific Nickel Pty Ltd, PT Indonesia Coal Resources, PT Antam Resourcindo, dan PT Mega Citra Utama.

Baca juga: INCO Bagi-Bagi Dividen, Cek Rinciannya di Sini!

Prospek Saham ANTM dari Kinerja Terbaru

Sepanjang kuartal pertama 2023 ANTM mencatatkan pertumbuhan kinerja yang positif. Laba bersih naik 13% menjadi Rp1,66 triliun jika dibandingkan dengan periode sama tahun lalu Rp1,47 triliun. Kenaikan laba bersih sejalan dengan pendapatan yang tumbuh 19% menjadi Rp11,59 triliun dari sebelumnya Rp9,75 triliun.

Penjualan bersih domestik merupakan kontributor dominan sebesar Rp10 triliun atau setara 86% dari total penjualan bersih perseroan. Sementara itu prospek saham ANTM berdasarkan segmen komoditas, penjualan produk emas masih menjadi kontributor terbesar Rp7,01 triliun atau 60% dari total pendapatan.

Disusul oleh bijih nikel Rp2,98 triliun atau setara 26% dari total pendapatan, feronikel Rp1,20 triliun dengan kontribusi 10%, dan bauksit dan alumina Rp326 miliar atau 3% dari total pendapatan.

Kinerja positif tersebut diraih saat sejumlah beban turut naik. Beban pokok pendapatan meningkat 19,7% menjadi Rp8,74 triliun dari sebelumnya Rp7,29 triliun. Adapun beban umum dan administrasi naik 21,9% menjadi Rp719,23 miliar dari sebelumnya Rp589,99 miliar.

Sementara itu saldo kas dan setara kas pada kuartal I/2023 naik 10% menjadi Rp4,94 triliun dari posisi akhir periode 2022 sebesar Rp4,48 triliun.

Baca juga: Cadangan Emas ANTM Ternyata Sedikit, Dari Mana Pendapatannya?

Mau tahu prospek saham ANTM selengkapnya? Apakah sahamnya potensial untuk buy saat ini? Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade.

Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Pakai kode promo: BLOG (untuk dapat bonus 1 bulan)

prospek saham antm

Atau hubungi tim sales Emtrade +6282134277144


emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.





Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

Laba Bersih ICBP Terkoreksi Efek Pembengkakan Beban Keuangan

2 Mei 2024, 17:20 WIB
article
ArtikelInsight

Performa Keuangan ASII di Kuartal I/2024 Menurun, Ini Penyebabnya

30 Apr 2024, 16:18 WIB
article
ArtikelInsight

Performa Keuangan UNVR Membaik, Gimana Efek Penarikan Es Krim?

26 Apr 2024, 15:09 WIB
article
ArtikelInsight

BBRI Cetak Laba Bersih Naik Tipis 2,7% Jadi Rp15,6 Triliun

25 Apr 2024, 13:06 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi