Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-icon

Profil Bisnis Saham BMTR dan Kinerja Terbarunya

5 Mei 2023, 10:59 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
saham bmtr

Saham BMTR – PT Global Mediacom Tbk. (BMTR) adalah perusahaan media yang beroperasi di berbagai bidang, termasuk televisi kabel, produksi film, dan media daring. Perusahaan ini dikenal sebagai pemilik beberapa merek terkenal, seperti Indovision, Okezone, dan Kompas TV. Selain itu, BMTR juga memiliki beberapa anak perusahaan, termasuk PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) yang juga merupakan perusahaan media besar di Indonesia.

Baru-baru ini investor kawakan Lo Kheng Hong dikabarkan borong BMTR. Kalau kamu juga penasaran dengan kinerja dari perusahaan milik konglomerat Hary Tanoesoedibjo, langsung saja simak ulasan saham BMTR di bawah ini untuk bantu ambil keputusan investasi.

Profil Bisnis BMTR

PT Global Mediacom Tbk (BMTR) didirikan pada 30 Juni 1981 sebagai konglomerasi yang bergerak di sektor perdagangan umum. Namun, perusahaan kemudian mengubah fokus usahanya ke industri media setelah melakukan beberapa akuisisi dan divestasi.

Global Mediacom memegang portofolio media terbesar dan merupakan perusahaan induk dari beberapa entitas usaha, termasuk PT Media Nusantara Citra Tbk, PT MNC Vision Networks Tbk Pay-TV and Broadband, dan media online seperti MNC Shop, the F Thing, dan Mister Aladin.

Lini bisnis utama perusahaan, termasuk bisnis stasiun televisi FTA, TV Berlangganan, konten multimedia, portal online, surat kabar, majalah, radio, dan layanan internet broadband. Saham BMTR juga memiliki agensi manajemen artis dan agensi iklan.

Dua lini bisnis utama BMTR adalah media berbasis konten dan iklan yang dikelola oleh PT Media Nusantara Citra Tbk dan media berbasis langganan yang dikelola oleh PT Sky Vision Networks. MNCN, sebagai bagian dari BMTR, mengelola empat stasiun TV FTA nasional di antaranya RCTI, MNCTV, GTV, dan iNews, serta memiliki portofolio saluran dalam TV berlangganan.

Sementara itu, layanan TV berlangganan MNC Vision, MNC Play, dan MNC Now telah menjadi pemimpin bisnis TV berlangganan di Indonesia. BMTR juga terlibat dalam bisnis media online, termasuk portal berita online dan hiburan Okezone.com, perusahaan fashion e-commerce The F Thing, situs video sharing Metube.id, perusahaan travel online Mister Aladin, serta layanan Home Shopping 24 jam di MNC Vision dan MNC Now. PT Infokom Elektrindo (Infokom) mengelola media pendukung dan infrastruktur bisnis BMTR.

Baca juga: Laba Bersih Emiten Batu Bara Melorot di Kuartal I/2023, Kenapa?

Kinerja Keuangan Saham BMTR

BMTR mencatatkan penurunan pendapatan sebesar 6,16% secara tahunan menjadi Rp3,19 triliun pada tiga bulan pertama 2023 dari Rp3,4 triliun pada periode sama tahun lalu.

Pendapatan segmen iklan dan konten turun 6,24% menjadi Rp2,44 triliun, sedangkan pendapatan dari TV berbayar dan broadband sebesar turun 7,46% menjadi Rp637,61 miliar, serta pendapatan lainnya meningkat 4,2% menjadi Rp111,18 miliar.

Adapun pendapatan iklan dan konten terdiri dari iklan nondigital Rp1,51 triliun, iklan digital Rp714,32 miliar, konten dan IP Rp345,25 miliar, subscription Rp124,03 miliar, dan lainnya Rp23,72 miliar. Pendapatan iklan dan konten masih harus dikurangi oleh pendapatan antar segmen Rp276,2 miliar.

Turunnya pendapatan mengakibatkan penurunan pada sisi laba bersih sebesar 2,12% menjadi Rp319,79 miliar dibandingkan periode sama tahun lalu Rp326,75 miliar.

Baca juga: ACES Catatkan Kenaikan Laba Bersih Meski Tipis, Begini Alasannya

Bagaimana prospek dan strategi trading saham BMTR? Cari tahu selengkapnya dengan upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Pakai kode promo: BLOG (untuk dapat bonus 1 bulan)

saham bmtr

Atau hubungi tim sales Emtrade + 6282134277144


emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

SIDO: Kinerja Turun Secara Tahunan Namun Mentereng di Basis Kuartalan

20 Feb 2024, 13:55 WIB
article
ArtikelInsight

Laba Bersih BBTN Capai All Time High Namun NIM Menurun

12 Feb 2024, 15:47 WIB
article
ArtikelInsight

Tertekan Boikot, Laba Bersih UNVR Turun 10% Sepanjang 2023

9 Feb 2024, 13:16 WIB
article
ArtikelInsight

Net Interest Margin BRIS Terkoreksi di Tengah Pertumbuhan Laba Bersih

2 Feb 2024, 15:08 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi