Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-icon

Kinerja Saham MNCN Kuartal I/2023 Menurun Faktor ASO dan Siklus Tahunan

3 Mei 2023, 10:38 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
saham mncn

Saham MNCN - PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN), perusahaan media yang dimiliki oleh taipan Hary Tanoesoedibjo ini mencatat pendapatan sebesar Rp2,442 triliun pada kuartal I-2023. Meskipun turun 6% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, manajemen menganggap hal ini sebagai siklus tahunan dalam industri periklanan di mana kuartal pertama dianggap sebagai periode paling lemah dalam satu tahun.


Penurunan pendapatan ini juga disebabkan oleh dampak berkelanjutan dari implementasi parsial analog switch off (ASO) pada November 2022. Namun, MNCN berhasil mempertahankan posisinya sebagai pemimpin industri dengan kinerja yang baik di seluruh saluran digitalnya, termasuk AVOD superapp RCTI +, portal online (iNews Media Group), dan monetisasi media sosial yang berkelanjutan.

Pendapatan dari Bisnis Saham MNCN

Pendapatan iklan MNCN turun 6% terutama disebabkan oleh penurunan iklan non-digital sebesar Rp210 miliar di kuartal I-2023. Meskipun demikian, iklan non-digital masih menjadi kontributor terbesar terhadap total pendapatan konsolidasi perseroan sebesar 62% atau Rp1,5 triliun. Sedangkan iklan digital meningkat 10% dari Rp648 miliar menjadi Rp714 miliar, sementara pendapatan non-digital atau pendapatan FTA perseroan turun 12% dibandingkan tahun lalu.


MNCN tetap berkomitmen untuk menjadi solusi hiburan terbaik dan terintegrasi di tanah air dengan memperkaya aset digitalnya dengan teknologi, kreativitas, dan keahlian tercanggih. Saham MNCN juga menargetkan untuk memenuhi kebutuhan platform digital dan non-digitalnya dengan deretan konten berkualitas tinggi untuk memberikan pengalaman menonton terbaik.


Pendapatan konten dan IP untuk kuartal I-2023 turun 14% menjadi Rp345 miliar, sementara pendapatan berlangganan dibukukan sebesar Rp124 miliar untuk kuartal I-2023. MNCN mempertahankan posisinya sebagai pemimpin industri dengan kinerja yang kuat di seluruh program TV dan pemanfaatan iklan kreatif yang tidak memakan waktu, yang ditunjukkan secara QoQ tumbuh sebesar 75%, dibandingkan dengan kuartal IV-2022.


Dalam keseluruhan, MNCN tetap positif dengan hasil ini dan bersiap menjalani sisa tahun ini. Dengan komitmen yang kuat untuk menjadi solusi hiburan terbaik dan terintegrasi, MNCN akan terus memperkuat programnya dengan konten berkualitas tinggi dan teknologi tercanggih untuk memberikan pengalaman menonton terbaik bagi pemirsa di seluruh Indonesia.


Baca juga: Penjualan dan Laba Saham CLEO Kompak Naik, Ini Pendorongnya


Kira-kira apakah saham MNCN potensial saat ini untuk trading dan investasi? Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. 


Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.


Pakai kode promo: BLOG (untuk dapat bonus 1 bulan)

saham mncn

Atau hubungi tim sales Emtrade +6282134277144


emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

ASII Cetak Rekor Laba Bersih, Segini Potensi Dividennya

28 Feb 2024, 13:22 WIB
article
ArtikelInsight

Laba Bersih AALI Turun 34% Sepanjang 2023, Kapan Ada Perbaikan?

27 Feb 2024, 16:43 WIB
article
ArtikelInsight

Laba Bersih BFIN Turun Secara Tahunan Namun Naik Secara Kuartalan, Apa Penyebabnya?

26 Feb 2024, 15:43 WIB
article
ArtikelInsight

AUTO Cetak Kinerja Positif, Berapa Potensi Dividennya?

23 Feb 2024, 16:43 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi