Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-icon

Analisis Saham INKP: Perusahaan Makin Cuan dan Efisien dalam Produksi

18 Apr 2023, 16:09 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
analisis saham inkp

Analisis Saham INKP – Jika kamu ada rencana beli saham untuk investasi, pastikan untuk selalu mengenali si perusahaan termasuk kinerja keuangannya. Biasa disebut analisis fundamental. Hal ini dilakukan untuk membantumu mengambil keputusan investasi yang tepat dengan mencari saham-saham yang layak dibeli berdasarkan fundamentalnya.

Singkatnya, kalau mau untung di saham, cari perusahaan yang punya kinerja keuangan bagus alias konsisten mencatatkan keuntungan. Maka dari itu kita tidak bisa asal sembarang pilih, apalagi asal ikut-ikutan orang lain waktu mau berinvestasi saham.

Nah, pada kesempatan ini kita akan mencari tahu sekilas tentang analisis saham INKP. Bagaimana prospek ke depannya? Apakah menjanjikan untuk investor? Yuk, langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Profil Bisnis INKP

PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk (INKP) merupakan perusahaan salah satu bagian dari Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas yang merupakan perusahaan manufaktur pulp dan kertas dengan produk berupa kertas itu sendiri maupun produk turunan, seperti alat kantor dan kemasan yang dipasarkan kepada konsumen lokal maupun global. Porsi pendapatan dari ekspor sepanjang 2020 tercatat sebesar 57% dari total pendapatan dengan tujuan terbesar ke regional Asia.

Pabrik dan produk INKP:

Tangerang

  • Memiliki kapasitas produksi sebesar 120.000 ton per tahun dengan 3 mesin kertas ‘foudrinier’.

  • Produk kertas karton, kertas fotocopy, dan alat-alat kantor

Serang

  • Merupakan salah satu perusahaan pengemas terbesar dengan fasilitas seluas 550 hektar dan mengoperasikan 6 mesin kertas. Total kapasitas produksi sebesar 1,7 juta mt kertas karton dan 480 ribu mt produk konversi dan kardus lipat. Produk-produk tersebut dipasarkan ke hampir seluruh ke benua negara di Asia, Afrika, Amerika, Australia, dan Eropa.

  • Produk kertas karton, produk konversi, dan kardus.


Secara kepemilikan, PT Prusinusa Ekapersada tercatat menjadi pemegang saham pengendali INKP dengan kepemilikan sebesar 53,2%, sedangkan sisanya 46,7% dimiliki oleh masyarakat.

Baca juga: Dividen Saham Garuda Indonesia Masih Nihil Meski Cetak Laba, Kenapa?

Analisis Saham INKP dari Kinerja 2022

Laba bersih INKP tercatat sebesar US$857 juta tumbuh +62,9% dari tahun 2021, disertai dengan kenaikan net profit margin menjadi 21,3% dari 15% pada tahun 2021.

 

Kenaikan tersebut didorong oleh capaian pendapatan INKP yang naik +14,14% menjadi $4 miliar yang didukung oleh kenaikan harga pulp selama tahun 2022 di mana penjualan ekspor berkontribusi 55% dari total pendapatan sepanjang tahun. Adapun faktor lainnya didorong oleh laba selisih kurs yang meningkat +482% menjadi $67,354.

 

Analisis saham INKP untuk kinerja 2022 yang tidak hanya didorong oleh pendapatan tetapi juga net profit margin menunjukkan bahwa perusahaan semakin efisien dalam kegiatan produksi. Capaian yang baik tersebut diperoleh dari membaiknya mobilitas masyarakat dan aktivitas industri di Indonesia serta harga jual yang atraktif untuk ekspor.

 

Di sisi lain risiko yang harus diantisipasi investor karena berpotensi memengaruhi kinerja INKP antara lain fluktuasi harga pulp and paper, risiko persaingan Internasional, hingga risiko nilai tukar.


Meski begitu ada GDP China yang mengalami kenaikan berpotensi membuat saham INKP menjadi potensial. Pada kuartal I/2023 GDP China naik 4,5% dan diproyeksikan akan lanjut naik menjadi 5,2% di tahun 2023. Dengan begitu harga jual pulp and paper berpotensi naik dan pada akhirnya akan menguntungkan INKP.

Baca juga: Analisis Saham MYOR: Profitabilitas Tetap Solid di 2022

Jika kamu mau tahu potensi dan saham INKP dengan lebih komprehensif, kamu bisa dapatkan di VIP membership Emtrade. Tidak hanya analisis fundamental, ada analisis teknikal dari Tim Coach Emtrade yang akan bantu untuk ambil keputusan. Sudah baca analisis, tapi masih bingung? Tenang! Kamu bisa tanya langsung ke tim Coach Emtrade melalui fitur Q&A!

Tunggu apa lagi? Baca analisis saham INKP selengkapnya dengan upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. 

Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Pakai kode promo: BLOG (untuk dapat bonus 1 bulan)

analisis saham INKP

Atau hubungi tim sales Emtrade +6282134277144


emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

Laba Bersih ICBP Terkoreksi Efek Pembengkakan Beban Keuangan

2 Mei 2024, 17:20 WIB
article
ArtikelInsight

Performa Keuangan ASII di Kuartal I/2024 Menurun, Ini Penyebabnya

30 Apr 2024, 16:18 WIB
article
ArtikelInsight

Performa Keuangan UNVR Membaik, Gimana Efek Penarikan Es Krim?

26 Apr 2024, 15:09 WIB
article
ArtikelInsight

BBRI Cetak Laba Bersih Naik Tipis 2,7% Jadi Rp15,6 Triliun

25 Apr 2024, 13:06 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi