Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-icon

Analisa Saham BBTN Hari Ini: Penyaluran Kredit Dorong Profitabilitas

14 Apr 2023, 08:40 WIB
Bagikan s
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
analisa saham bbtn hari ini

Analisa Saham BBTN Hari Ini – Banyak orang yang ingin mendulang cuan dari saham. Alasannya karena potensi keuntungan yang lebih besar dibanding instrumen lain di pasar modal. Meski begitu harus diketahui, saham juga memiliki risiko yang tidak bisa diabaikan.

 

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi di saham, penting untuk memahami risiko dan peluang yang terkait dengan saham itu sendiri. Untuk itu, penting melakukan analisa saham sebelum melakukan jual-beli.

 

Misalnya dengan mengumpulkan informasi dan menganalisa kinerja suatu perusahaan untuk membantu menentukan apakah saham perusahaan tersebut layak untuk dibeli atau tidak.

Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas analisa saham BBTN hari ini. Buat kamu yang sedang watch atau hold sahamnya, langsung saja simak ulasan singkatnya di bawah ini.

Profil Bisnis BBTN

PT Bank Tabungan Negara (BBTN) adalah salah satu bank milik negara Indonesia yang berfokus pada pembiayaan perumahan. BBTN telah berdiri sejak tahun 1897 dan menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia.

Selain pembiayaan perumahan, BBTN juga menyediakan berbagai produk dan layanan perbankan, seperti tabungan, deposito, kartu kredit, dan asuransi. Bank ini juga memberikan layanan digital banking, seperti internet banking dan mobile banking,

Dalam membiayai sektor perumahan, BBTN menawarkan berbagai produk pembiayaan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah, seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Multiguna, dan Kredit Renovasi. BBTN juga memiliki program-program khusus untuk membantu masyarakat yang ingin memiliki rumah, seperti subsidi rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah dan program pembiayaan rumah murah.

Selain itu, BBTN menyediakan layanan untuk sektor usaha kecil dan menengah (UKM) seperti pembiayaan investasi dan modal kerja.

Baca juga: Sahamnya Dijual Softbank, Gimana Prospek GOTO?

Analisa Saham BBTN Hari Ini

Secara tahunan di sepanjang 2022, BBTN berhasil mencatatkan pendapatan tumbuh 14,74% menjadi RP 15,14 triliun, dengan laba bersih tumbuh impresif 28,15% menjadi Rp 3,04 triliun. 

Profitabilitas solid terdorong dari penyaluran kredit yang tumbuh ekspansif 8,53% dan efisiensi usaha dengan menekan beban bunga hingga -14,94% menjadi Rp 10,74 triliun.

 

Di akhir tahun BBTN lalu baru saja menyelesaikan right issue dan berhasil meraup dana segar Rp 4 triliun. Dengan dana ini BBTN bisa meningkatkan struktur modalnya jadi lebih kuat terlihat dari rasio kecukupan modal (capital adequacy ratio/CAR) yang meningkat dari 19,14% di 2021 menjadi 20,17% di 2022.

 

Meski begitu investor tetap harus mengantisipasi beberapa downside risk yang mungkin dihadapi oleh BBTN. Di antaranya adalah risiko inflasi dan perlambatan ekonomi global. Adapun risiko internal seperti penyaluran kredit yang tidak mencapai target. 

 

Lalu, bagaimana dengan analisa saham BBTN hari ini?


Per 12 April 2023 BBTN secara teknikal rawan mengalami trend sideways. Dalam jangka pendek berpotensi terkonsolidasi di range area 1175-1295.

analisa saham bbtn hari ini

Baca juga: Alasan di Balik Harga Saham Turun Jelang Lebaran

Demikian adalah ulasan singkat saham BBTN. Gimana? Apakah menurutmu BBTN menarik? Supaya lebih yakin, mungkin kamu perlu lebih banyak pertimbangan lebih lanjut lagi. Mulai dari rasio keuangan, valuasi, outlook di 2023 dan sebagainya.

Jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang analisa saham BBTN hari ini secara lebih lengkap dan rinci, termasuk ulasan teknikal ter-update, yuk upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade.

Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Pakai kode promo: BLOG (untuk dapat bonus 1 bulan)

analisa saham bbtn hari ini

Atau hubungi tim sales Emtrade + 6282134277144


emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan s
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

Laba Bersih ICBP Terkoreksi Efek Pembengkakan Beban Keuangan

2 Mei 2024, 17:20 WIB
article
ArtikelInsight

Performa Keuangan ASII di Kuartal I/2024 Menurun, Ini Penyebabnya

30 Apr 2024, 16:18 WIB
article
ArtikelInsight

Performa Keuangan UNVR Membaik, Gimana Efek Penarikan Es Krim?

26 Apr 2024, 15:09 WIB
article
ArtikelInsight

BBRI Cetak Laba Bersih Naik Tipis 2,7% Jadi Rp15,6 Triliun

25 Apr 2024, 13:06 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi