Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Harga Emas Dunia Mengkilap, Emitennya Gemerlap

13 Apr 2023, 15:50 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Harga emas kembali menguat. Pada penutupan perdagangan Rabu, 12 April 2023 harga emas ditutup di posisi US$ 2014,67 per troy ons atau menguat sebesar 0,58%.Harga tersebut adalah yang tertinggi sejak 5 April lalu atau sepekan terakhir. Dilihat secara pergerakan harga emas sudah mengalami uptrend sejak November 2022. 


Source : Tradingview 


Peningkatan harga emas merespon dua peristiwa penting di Amerika Serikat. Pertama, data inflasi AS yang dilaporkan lebih rendah dari perkiraan. Inflasi AS Maret 2023 berhasil turun ke 5% YoY lebih baik dibanding ekspektasi yang proyeksi turun ke 5,2% YoY. Untuk inflasi inti juga berhasil melandai sesuai ekspektasi ke 5,6% YoY. Melandainya inflasi memberikan sinyal  bahwa Federal Reserve (The Fed) AS tidak akan menaikkan suku bunga dalam waktu dekat, sehingga membuat emas lebih menarik bagi investor. 


Inflasi AS 


Source : Tradingeconomic 


Peristiwa kedua adalah hasil dari FOMC minutes The Fed. dalam rapat tersebut menyatakan meskipun inflasi melandai, namun masih jauh dari ekspektasi inflasi oleh The Fed di level 2%. Sehingga pengetatan kebijakan moneter masih perlu dilakukan, lalu dalam rapat tersebut juga menyatakan bahwa ekonomi AS berpotensi masuk resesi menyusul krisis perbankan AS. Harga emas biasanya cenderung naik selama periode ketidakpastian ekonomi dan kekhawatiran akan resesi. Hal ini karena emas dianggap sebagai aset yang relatif aman (safe haven) dan dapat diandalkan dalam jangka panjang. 



Bagaimana dengan emiten Emas Indonesia? 


Harga emas yang tinggi tentu akan menjadi angin segar bagi emiten emas di Indonesia, berikut Pendapatan logam emas dari emiten di Indonesia pada tahun 2022 : 



Kenaikan harga emas pada umumnya akan memberikan dampak positif pada emiten produksi emas. Hal ini karena kenaikan harga emas akan meningkatkan pendapatan emiten dan juga dapat meningkatkan nilai aset mereka. Selain itu, kenaikan harga emas juga dapat memperbaiki profitabilitas emiten dan meningkatkan arus kas. Umumnya investor akan berinvestasi pada saham-saham yang memiliki potensi yang baik kedepannya, dan harga saham akan merespon positif. 


Lalu, Bagaimana prediksi Harga emas hingga akhir tahun 2023 ? 


Beberapa analis dan lembaga telah menerbitkan prediksi harga emas pada tahun 2023, bahkan beberapa menyebutkan akan berpotensi menembus USD 3.800 per troy ounce. berikut data proyeksi harga emas di tahun 2023 : 




Harga emas diproyeksikan naik pada tahun 2023 didorong oleh faktor  ancaman resesi global yang berawal di AS. saat kondisi tidak stabil maka akan memaksa bank sentral untuk memompa kembali likuiditas ke pasar keuangan global. Ketika bank sentral memompa likuiditas ke pasar keuangan, ini dapat menyebabkan penurunan nilai mata uang, dan kenaikan inflasi. Hal ini yang dapat memicu permintaan yang lebih tinggi untuk emas sebagai aset safe haven dan sebagai alternatif terhadap mata uang yang lebih lemah. 

Apakah naiknya harga emas akan selalu relevan terhadap pendapatan emiten emas ? 


Monthly chart gold 2007-2023
Source : Tradingview 

 

Harga emas yang diproyeksikan naik pada tahun 2023 akan memberikan dampak positif terhadap emiten emas di Indonesia karena berpotensi meningkatkan average selling price dan volume penjualan ditengah banyaknya permintaan di pasar. 

Sebagai seorang trader dan investor kita juga perlu membandingkan harga emas dan pendapatan emiten dari sektor emas. Sebagai contoh perbandingan adalah harga komoditas emas dan emiten emas ANTM. Jika dilihat pergerakan harga komoditas dari tahun 2008 hingga 2022 masih dalam trend uptrend dalam jangka panjang. Harga komoditas emas yang dalam trend naik tentu akan membuat pendapatan perusahaan emas seperti ANTM juga mengalami kenaikan pendapatan dari segmen emas. terlihat di data bahwa pendapatan dari segmen emas ANTM mengalami kenaikan seiring trend harga emas yang naik. Pada tahun 2023 ini harga komoditas emas diproyeksi akan naik. Apakah dari sisi pendapatan ANTM juga akan naik seperti tahun-tahun sebelumnya ? 

Lalu, bagaimana teknikal saham emiten emas saat ini? Apakah saham Saham Emiten Emas menarik untuk di trading di tahun 2023  ? 

Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-ATA-


emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.

Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi