Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-icon

Analisa Saham JSMR: Potensi Durian Runtuh Berkat Momen Lebaran?

11 Apr 2023, 12:14 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
analisa saham jsmr

Analisa Saham JSMR - Sebelum kamu beli dan jual saham, idealnya perlu melakukan analisis terlebih dahulu. Sebab dengan begitu kamu bisa mendapatkan gambaran terkait kinerja dan prospek suatu perusahaan ke depannya serta posisi harga sahamnya. Apakah layak dibeli, jual, atau hold, baik itu secara analisis fundamental maupun analisis teknikal?

Untuk itu pada artikel ini kita akan membahas salah satu saham yang paling diperhatikan menjelang hari raya Idul Fitri, yaitu JSMR. Kalau kamu pengin tahu lebih banyak tentang saham ini, langsung saja simak ulasannya sampai selesai, ya! Kira-kira bagaimana analisa saham JSMR?

Profil Bisnis JSMR

PT Jasa Marga Tbk (JSMR) adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan jalan tol di Indonesia. JSMR didirikan pada tahun 1978 dan saat ini mengelola sekitar 1.000 kilometer jalan tol di seluruh Indonesia. Beberapa anak perusahaan JSMR yang terkait dengan bisnis jalan tol antara lain PT Jasamarga Pandaan Malang, PT Jasamarga Probolinggo Pasuruan, dan PT Jasamarga Ngawi Kertosono.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jalan tol, JSMR memiliki bisnis inti dalam pengelolaan dan pengoperasian jalan tol. Selain itu, JSMR juga memiliki bisnis lain seperti pengelolaan rest area dan penjualan bahan bakar minyak (BBM) di jalan tol. JSMR juga terus mengembangkan bisnisnya dengan melakukan diversifikasi ke bisnis lain seperti infrastruktur, logistik, dan real estate.

Saham JSMR terdaftar sebagai perusahaan publik di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 13 Juli 2007. Saat ini, saham JSMR diperdagangkan di BEI dengan kode saham JSMR dan termasuk dalam kelompok saham LQ45, yang merupakan kelompok saham-saham likuid dengan kapitalisasi pasar besar dan likuiditas yang tinggi.

Baca juga: Sahamnya Dijual Softbank, Gimana Prospek GOTO?

Analisa Saham JSMR dari Kinerja 2022

Bagaimana kinerja keuangan JSMR sepanjang tahun 2022 lalu?

Perseroan mencatatkan kinerja positif selama tahun 2022. Di mana laba bersih operator jalan tol ini meningkat 70,18% setelah mencatatkan realisasi sebesar Rp2,74 triliun dibanding raihan tahun 2021 Rp1,61 triliun. Pertumbuhan laba bersih terdongkrak oleh kenaikan pendapatan menjadi Rp 16,58 triliun. Angka ini tumbuh sebesar 9,36% dibandingkan tahun 2021 sebesar Rp 15,16 triliun.

Segmen jalan tol menjadi kontributor utama pendapatan dengan perolehan Rp12,44 triliun, yang mencetak pertumbuhan 15,39% secara tahunan. Pendapatan usaha lainnya juga mengalami kenaikan dari Rp990,06 miliar di 2021 menjadi Rp 1,33 triliun di 2022. Namun, pendapatan konstruksi mengalami penurunan sebesar 17,4% menjadi Rp2,8 triliun di mana pada tahun 2021 konstruksi menyumbang Rp3,93 triliun.

Selain kenaikan pendapatan, perolehan laba bersih juga didorong oleh keuntungan dari pelepasan investasi pada PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JCC) senilai Rp2,18 triliun.

Sementara itu, kas dan setara kas JSMR pada akhir Desember 2022 mencapai Rp 8,42 triliun, meningkat dibandingkan Desember 2021 yang hanya Rp6,27 triliun. Lalu bagaimana analisa saham JSMR dari sisi sentimennya?

Seiring dengan peningkatan mobilitas masyarakat pasca pencabutan PPKM dan proyek ruas baru di tahun ini, JSMR bisa kembali diuntungkan dari volume lalu lintas yang berpotensi naik. Adapun momen lebaran yang mendorong arus mudik menjadi katalis positif di mana periode kuartal 2-2023 pendapatan perseroan bisa naik lebih optimal. Sebagai informasi, JSMR merupakan market leader di jalan tol sekitar lebih dari 50%.

Untuk aksi korporasi terdekat yang bisa di-watch perkembangannya adalah Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada 10 Mei mendatang.

Baca juga: Laba Bersih Turun 80%, Bagaimana Prospek Saham BRMS?

Nah, itu tadi analisa saham JSMR secara singkat yang perlu kamu tahu. Kalau kamu penasaran dengan prospek saham JSMR selengkapnya baik itu secara fundamental maupun teknikal, upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. 


Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.


Pakai kode promo: BLOG (untuk dapat bonus 1 bulan)

analisa saham jsmr

Atau hubungi tim sales Emtrade +6282134277144


emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

ASII Cetak Rekor Laba Bersih, Segini Potensi Dividennya

28 Feb 2024, 13:22 WIB
article
ArtikelInsight

Laba Bersih AALI Turun 34% Sepanjang 2023, Kapan Ada Perbaikan?

27 Feb 2024, 16:43 WIB
article
ArtikelInsight

Laba Bersih BFIN Turun Secara Tahunan Namun Naik Secara Kuartalan, Apa Penyebabnya?

26 Feb 2024, 15:43 WIB
article
ArtikelInsight

AUTO Cetak Kinerja Positif, Berapa Potensi Dividennya?

23 Feb 2024, 16:43 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi