Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-icon

Analisis Saham CUAN: Apakah Sahamnya juga Membawa Cuan Berlimpah?

6 Apr 2023, 15:20 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
analisis saham cuan

Analisis Saham CUAN - Sektor batu bara kedatangan pemain baru. PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN)  resmi mencatatkan sahamnya di bursa (Initial Public Offering/IPO) pada tanggal 7 Maret 2022. Dalam IPO tersebut, CUAN berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 523 miliar dari penawaran umum sebanyak 2,5 miliar saham dengan harga penawaran Rp 209 per saham. 


IPO ini dinilai sukses karena berhasil menarik minat investor dengan keuntungan dari pertumbuhan industri batu bara yang semakin menjanjikan dan kinerja keuangan CUAN yang sangat membaik. Dana dari IPO akan digunakan untuk ekspansi dan pengembangan bisnis serta untuk membayar utang perusahaan.


Simak analisis saham CUAN di artikel berikut ini.

Profil CUAN

PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN) adalah sebuah perusahaan batu bara yang dimiliki oleh Prajogo Pangestu, salah satu orang terkaya di Indonesia. Prajogo Pangestu memiliki mayoritas saham di CUAN yaitu 84,97%, sedangkan sisanya dimiliki oleh masyarakat sebesar 15,03%. 


Saham CUAN bergerak di bidang Perusahaan Holding yang memiliki peran sebagai pemilik aset dari beberapa perusahaan anak atau subsidiary. Namun, perusahaan holding ini tidak terlibat dalam kegiatan operasional dari anak perusahaan tersebut.


CUAN memiliki kegiatan usaha lainnya yaitu aktivitas Konsultasi Manajemen Lainnya dengan memberikan bantuan nasihat, bimbingan dan solusi terhadap masalah manajemen organisasi dan bisnis. 


Sebelum bahas analisis saham CUAN, ketahui dulu deretan anak perusahaan emiten batu bara ini. Apa saja?


Melalui anak perusahaannya, CUAN memiliki dua konsesi tambang batu bara di Kalimantan yang dikelola oleh entitas anak perusahaan dan merupakan perusahaan afiliasi dari PT Barito Pacific Tbk.


CUAN memiliki tiga anak perusahaan:

  • PT Tamtama Perkasa, PT Bara International, dan PT Daya Bumindo Karunia. PT Tamtama Perkasa bergerak di bidang perdagangan umum

  • PT Bara International berfokus pada pengembangan properti

  • PT Daya Bumindo Karunia bergerak di bidang distribusi dan penyimpanan produk.


Baca juga: Kilas Balik Saham Komoditas 2022: Batu Bara vs CPO

Analisis Saham CUAN

Pendapatan saham CUAN dari Juli 2021 ke Juli 2022 naik 146%. Hal ini didorong oleh peningkatan volume penjualan anak perusahaannya PT Tamtama Perkasa (TP) dan harga jual batu bara.


Sementara itu, beban pokok pendapatan menurun 17% karena nilai persediaan yang digunakan juga menurun. Hal ini membuat marginnya naik. Laba berjalan juga meningkat sebesar 269% pada periode yang sama karena peningkatan pendapatan dan efisiensi di beban pokok.


Sedangkan laba bersih tahun berjalan CUAN sebesar Rp 562,42 miliar. Angka ini melonjak 2.576% dari laba bersih tahun sebelumnya sebesar Rp 21,01 miliar. Sedangkan laba bersih sebesar mencapai Rp 570,89 miliar 


Laporan keuangan tahun 2022 perusahaan menunjukkan pendapatan Rp 1,51 triliun pada tahun 2022, naik 277% dari tahun 2021 sebesar Rp 402,47 miliar. Meski beban pokok pendapatannya naik dari Rp215,18 miliar menjadi Rp438,60 miliar, laba bruto perusahaan melonjak dari Rp187,28 miliar menjadi Rp1,08 triliun.


Perusahaan juga mengalami peningkatan dalam beban penjualan yang mencapai Rp314,72 miliar, beban umum dan administrasi Rp32,84 miliar, dan pendapatan operasi lainnya – bersih Rp21,1 miliar. Namun, hal ini tidak mempengaruhi kenaikan laba usaha perusahaan, yang melonjak dari Rp 52,86 miliar di tahun sebelumnya menjadi Rp 754,4 miliar di tahun 2022.


Dalam prospektusnya, CUAN telah menetapkan kebijakan dividen di mana perusahaan berencana membagikan dividen sebesar 60% atas laba bersih tahun buku mulai 31 Desember 2023. 


Baca juga: 3 Mindset Trade Saham yang Penting Dimiliki Agar Lebih Konsisten


Apakah saham CUAN potensial untuk trading atau investasi saat ini? Cari tahu jawabannya dengan simak analisis saham CUAN selengkapnya di VIP Emtrade.

Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Pakai kode promo: BLOG (untuk dapat bonus 1 bulan)

analisis saham cuan

Atau hubungi tim sales Emtrade +6282134277144


emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

Laba Bersih ICBP Terkoreksi Efek Pembengkakan Beban Keuangan

2 Mei 2024, 17:20 WIB
article
ArtikelInsight

Performa Keuangan ASII di Kuartal I/2024 Menurun, Ini Penyebabnya

30 Apr 2024, 16:18 WIB
article
ArtikelInsight

Performa Keuangan UNVR Membaik, Gimana Efek Penarikan Es Krim?

26 Apr 2024, 15:09 WIB
article
ArtikelInsight

BBRI Cetak Laba Bersih Naik Tipis 2,7% Jadi Rp15,6 Triliun

25 Apr 2024, 13:06 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi