Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-icon

Analisis Saham ICBP: Tetap Strong dengan Kinerja yang Solid di 2022

6 Apr 2023, 14:40 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
analisis saham icbp

Analisis Saham ICBP - Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang paling populer di pasar modal. Investasi saham dapat memberikan keuntungan yang menarik, namun juga memiliki risiko yang tidak bisa diabaikan. Sebelum memutuskan untuk berinvestasi di saham, penting untuk memahami risiko dan peluang yang terkait dengan saham. Untuk itu, penting melakukan analisis saham sebelum jual-beli.


Analisis saham adalah proses mengumpulkan informasi dan menganalisis kinerja suatu perusahaan untuk membantu menentukan apakah saham perusahaan tersebut layak untuk dibeli atau tidak. Ada beberapa metode analisis saham yang digunakan, termasuk analisis fundamental dan analisis teknikal. 


Dalam artikel ini, kita akan membahas analisis saham ICBP buat kamu yang sedang watch atau hold sahamnya. Langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Profil Bisnis ICBP

PT Indofood CBP Tbk (ICBP) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi dan distribusi produk makanan dan minuman siap saji. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2009 dengan kantor pusat yang berlokasi di Jakarta. ICBP merupakan bagian dari Indofood Group, salah satu produsen makanan dan minuman terbesar di Indonesia.


Produk-produk yang dihasilkan oleh ICBP meliputi mie instan, saus sambal, kue kering, minuman ringan, dan makanan beku. Beberapa merek terkenal yang dimiliki oleh perusahaan ini antara lain Indomie, Sarimi, Pop Mie, Chitato, Cheetos, dan Club. Produk-produk ICBP telah dikenal luas dan menjadi favorit di Indonesia maupun negara-negara lain di Asia Tenggara.


Dalam beberapa tahun terakhir, ICBP terus melakukan ekspansi dan pengembangan bisnis dengan memperluas jangkauan produk dan penetrasi pasar. Perusahaan juga aktif dalam melakukan inovasi produk dan meningkatkan efisiensi operasional untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat di pasar makanan dan minuman siap saji. 


Selain itu perseroan juga memperluas bisnisnya ke luar negeri dan berhasil membuka pasar di negara-negara seperti Singapura, Filipina, dan Timor Leste.


Baca juga: Analisis Saham LAJU: Kinerja Baik, Pangsa Pasar Ikutan Naik?

Analisis Saham ICBP dari Kinerja 2022

Lalu bagaimana dengan performa saham big cap consumer goods satu ini?

Secara tahunan ICBP mencatatkan pendapatan yang tumbuh 14,1% menjadi Rp64,8 triliun dibanding tahun 2021 sebesar Rp56,8 triliun saja. Kenaikan ini didorong oleh tingginya volume dan rata-rata harga penjualan (average selling price/ASP) dengan segmen Food Seasonings yang pertumbuhannya mencapai 17,8% secara tahunan.


Walaupun begitu,  laba bersih ICBP justru turun 28,3% yoy menjadi Rp4,6 triliun. Hal ini disebabkan oleh tingginya unrealized forex loss mencapai -10,6% secara tahunan dan kenaikan beban pokok penjualan 17%  akibat harga gandum naik 28% dan CPO naik 9%. 


Beberapa risiko yang perlu diantisipasi karena bisa memengaruhi kinerja ICBP adalah perlambatan ekonomi global yang bisa menurunkan demand ekspor. Adapun fluktuasi kurs, suku bunga dan inflasi, serta persaingan yang ketat. 

Penasaran dengan analisis saham ICBP selengkapnya?  lainnya? Apakah menunjukkan sinyal positif? Kamu bisa baca ulasan analisisnya di membership Emtrade. Di sini kamu juga akan membaca analisis terkait outlook ICBP di tahun 2023 dan valuasi guna menentukan keputusan investasi.

Selain analisis fundamental, kamu juga mendapatkan ulasan tentang analisis teknikal dari saham ICBP. Hal ini akan semakin membuat keputusanmu lebih akurat karena dikombinasikan antara analisis fundamental dan analisis teknikal.

Baca juga: Kapan Harga Saham Dianggap Diskon? Value Investor Wajib Tahu!

Tertarik untuk cari tahu dan simak analisis saham ICBP? Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Pakai kode promo: BLOG (untuk dapat bonus 1 bulan)

analisis saham icbp

 Atau hubungi tim sales Emtrade + 6282134277144


emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

ASII Cetak Rekor Laba Bersih, Segini Potensi Dividennya

28 Feb 2024, 13:22 WIB
article
ArtikelInsight

Laba Bersih AALI Turun 34% Sepanjang 2023, Kapan Ada Perbaikan?

27 Feb 2024, 16:43 WIB
article
ArtikelInsight

Laba Bersih BFIN Turun Secara Tahunan Namun Naik Secara Kuartalan, Apa Penyebabnya?

26 Feb 2024, 15:43 WIB
article
ArtikelInsight

AUTO Cetak Kinerja Positif, Berapa Potensi Dividennya?

23 Feb 2024, 16:43 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi