Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-icon

Analisis Saham BMRI: Apa Kabar Sahamnya Usai Stock Split?

5 Apr 2023, 11:57 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
analisis saham bmri

Analisis Saham BMRI - Analisis saham menjadi penting bagi investor yang ingin melakukan investasi jangka panjang karena dapat membantu dalam mengambil keputusan yang tepat dalam berinvestasi. Dengan memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang kinerja perusahaan, investor dapat membuat keputusan investasi yang lebih cerdas dan efektif untuk mencapai tujuan finansial mereka.

Berbicara soal saham, big bank BMRI baru saja melakukan stock split. Apakah kamu salah satu yang tertarik dan sedang watch sahamnya? Sebelum membeli saham BMRI, mempertimbangkan dulu beberapa risiko dan indikator  keuangan seperti kinerja keuangan perusahaan yang dapat memberikan gambaran tentang potensi keuntungan dan risiko investasi saham BMRI. Berikut adalah analisis saham BMRI.

Profil BMRI

PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) adalah bank terbesar di Indonesia yang didirikan pada tanggal 2 Oktober 1998. Bank ini berfokus pada bisnis perbankan komersial dan memiliki jaringan yang luas di seluruh Indonesia. Selain itu juga merupakan bank pertama di Indonesia yang terdaftar sebagai bank BUMN dan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).

BMRI menyediakan berbagai layanan keuangan untuk nasabahnya, seperti tabungan, deposito, kredit, kartu kredit, dan lain-lain. Beberapa anak perusahaannya, antara lain Mandiri Sekuritas, Mandiri Tunas Finance, Mandiri AXA General Insurance, Mandiri Capital Indonesia, dan masih banyak lagi.

Sebagai bank terbesar di Indonesia, BMRI sering terlibat dalam berbagai program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia, seperti program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Kredit Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Tidak hanya itu, sejumlah penghargaan dalam bidang perbankan juga pernah disabet. Misalnya Best Bank in Indonesia dari Global Finance dan The Best Bank in Indonesia dari Euromoney.

Analisis Saham BMRI dari Kinerja Terbaru

Lalu, bagaimana dengan performa keuangan terbarunya?

 

BMRI melaporkan laba bersih konsolidasi pada kuartal I 2023 sebesar Rp12,6 triliun, naik 25,2%. Peningkatan laba tersebut didukung oleh pertumbuhan penyaluran kredit Bank Mandiri sebesar 12,46% menjadi Rp1.205 triliun. Total pendapatan bunga bersih juga meningkat 12,36% menjadi Rp23,01 triliun. 


Meski kredit mengalami pertumbuhan yang positif, BMRI tetap menjaga rasio kredit bermasalah atau non-performing loan (NPL) bank only pada level 1,70% per Maret 2023, turun dari 2,74% pada periode yang sama tahun sebelumnya. 


Dalam era digitalisasi ini BMRI berhasil mengoptimalkan aplikasi Livin yang mengelola hampir 600 juta transaksi atau naik 45% secara tahunan dengan jumlah pengunduh mencapai 25 juta sejak diluncurkan pertama kali. Nilai transaksi Livin pun naik 45% menjadi Rp725 triliun selama triwulan pertama tahun ini.


Adapun layanan Wholesale Digital Super Platform Kopra by Mandiri berhasil mengelola lebih dari Rp4.834 triliun transaksi hingga kuartal I 2023, tumbuh 19%. 

 

Namun, perhatikan pula beberapa risiko saat melakukan analisis saham BMRI antara lain risiko sistematik dari kenaikan suku bunga, inflasi, dan minat kredit yang menurun.  Ketiga hal ini sangat erat kaitannya dengan kinerja BMRI sebagai bank.


Baca juga: Alasan di Balik Harga Saham Banking Turun Jelang Lebaran

 

Pergerakan Saham Pasca Stock Split

Saham BMRI mengalami kenaikan di sesi perdagangan pertama pada hari ini (5/4/2023) setelah melakukan stock split pada hari sebelumnya. Pada pukul 10:33 WIB, harga saham BMRI terpantau naik 0,48% menjadi Rp 5.225 per unit dengan kapitalisasi pasar mencapai Rp 485,33 triliun. Volume transaksi mencapai 14,59 juta lembar saham dengan nilai transaksi mencapai Rp75,93 miliar.

Stock split BMRI kali ini dengan rasio 1:2. Pada 2017, perseroan juga pernah melakukan stock split dengan rasio yang sama. Sebagai informasi, stock split adalah aksi pemecahan saham yang biasanya bertujuan untuk meningkatkan likuiditas perdagangan dan membuat harga lebih terjangkau oleh investor ritel.


Jika kamu mau tahu potensi dan baca analisis saham BMRI dengan lebih komprehensif, kamu bisa dapatkan di VIP membership Emtrade. Tidak hanya analisis fundamental, ada analisis teknikal dari Tim Coach Emtrade yang akan bantu untuk ambil keputusan. Sudah baca analisis, tapi masih bingung? Tenang! Kamu bisa tanya langsung ke tim Coach Emtrade melalui fitur Q&A!


Baca juga: Analisis Saham MYOR: Profitabilitas Tetap Solid di 2022

Tertarik? Yuk, upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. 

Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.


Pakai kode promo: BLOG (untuk dapat bonus 1 bulan)

analisis saham bmri

Atau hubungi tim sales Emtrade +6282134277144


emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

SIDO: Kinerja Turun Secara Tahunan Namun Mentereng di Basis Kuartalan

20 Feb 2024, 13:55 WIB
article
ArtikelInsight

Pemilu di Depan Mata, Ini Deretan Emiten yang Terafiliasi Masing-Masing Paslon

13 Feb 2024, 12:11 WIB
article
ArtikelInsight

Laba Bersih BBTN Capai All Time High Namun NIM Menurun

12 Feb 2024, 15:47 WIB
article
ArtikelInsight

Tertekan Boikot, Laba Bersih UNVR Turun 10% Sepanjang 2023

9 Feb 2024, 13:16 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi