Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-icon

Analisis Saham CTRA: Laba Bersih Naik di Kala Pendapatan Menyusut

4 Apr 2023, 13:40 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
analisis saham ctra

Analisis Saham CTRA - Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang cukup populer di Indonesia. Ada banyak perusahaan yang terdaftar di bursa saham Indonesia, salah satunya adalah PT Ciputra Development Tbk (CTRA). CTRA merupakan perusahaan pengembang properti terbesar di Indonesia dan telah memiliki reputasi yang baik di industri properti.


Dalam artikel analisis saham ini, akan dibahas mengenai kinerja keuangan CTRA pada tahun 2022. Kita akan melihat bagaimana pendapatan, laba bersih, dan kinerja bisnis perusahaan sepanjang tahun 2022. Analisis ini diharapkan dapat membantu para investor dalam menilai potensi perusahaan dan membantu dalam pengambilan keputusan investasi.

Profil CTRA

Sebelum masuk ke analisis saham CTRA, kita kenalan dulu yuk dengan perusahaannya. PT Ciputra Development Tbk. (CTRA) adalah perusahaan properti terkemuka di Indonesia yang berfokus pada pengembangan kawasan hunian terpadu, komersial, dan properti lainnya. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1981 oleh Ciputra, seorang pengusaha dan filantropis Indonesia. CTRA telah memiliki portofolio yang luas dan beragam, yang terdiri dari lebih dari 30 proyek di Indonesia dan beberapa proyek di luar negeri, seperti Cina, Vietnam, dan Kosta Rika.


Salah satu keunggulan CTRA adalah fokusnya pada pengembangan kawasan hunian terpadu, yang mencakup perumahan, apartemen, ruko, serta pusat perbelanjaan dan hiburan. Dengan pendekatan pengembangan kawasan yang terintegrasi, CTRA dapat memberikan nilai tambah bagi konsumen dan masyarakat sekitar, serta memastikan kelangsungan hidup proyek-proyeknya dalam jangka panjang.


Selain itu, CTRA juga mengembangkan bisnis properti komersial, seperti gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, hotel, dan apartemen. Perusahaan ini telah membangun beberapa gedung perkantoran di Jakarta, seperti Ciputra World 1, Ciputra World 2, dan Tokopedia Tower. CTRA juga memiliki beberapa pusat perbelanjaan di Indonesia, seperti Mal Ciputra Jakarta, Ciputra Mall Semarang, dan Ciputra World Surabaya. CTRA juga memiliki beberapa hotel mewah, seperti Hotel Raffles di Jakarta dan Hotel Raffles di Bali. 


Baca juga: Analisis Saham ADRO: Berkah Batu Bara, Laba Bersih Naik 138%

Analisis Saham CTRA dari Kinerja 2022

Emiten properti ini berhasil mencatatkan laba bersih yang tumbuh 7,3% menjadi Rp1,86 triliun selama tahun 2022. Capaian laba tersebut didorong oleh efisiensi usaha yang berhasil menekan beban pokok penjualan sebesar -6,7% menjadi Rp4,55 triliun serta beban keuangan yang turun sebesar -14,5% menjadi Rp1,06 triliun.


Namun, terdapat penyusutan pendapatan sebesar -6,1% menjadi Rp9,12 triliun. Hal ini disebabkan oleh penurunan pada beberapa segmen seperti rumah susun, perkantoran, dan rumah sakit masing-masing turun 64,1%, -45,3%, dan 13,5% secara tahunan. Di sisi lain segmen penjualan kavling, rumah hunian, dan toko masih justru berhasil tumbuh sebesar 8,9%. Selain itu, pusat niaga tumbuh sebesar 29,1% dan hotel tumbuh sebesar 62,2% secara tahunan.


Kondisi beberapa segmen yang menyusut, tapi pertumbuhan laba bersih masih positif menunjukkan efisiensi usaha yang baik dan pengelolaan beban keuangan yang berhasil ditekan. 


Selain itu, terdapat beberapa segmen yang masih mampu tumbuh, seperti penjualan kavling, rumah hunian, dan toko, serta pusat niaga dan hotel. Namun, CTRA tetap harus memerhatikan segmen-segmen yang mengalami penurunan pendapatan dan melakukan strategi yang tepat untuk meningkatkan pendapatannya. Dengan begitu,  diharapkan mampu terus tumbuh dan mencatatkan hasil yang positif di masa depan.


Baca juga: Analisis Saham ASII: Alat Berat dan Otomotif Dorong Kinerja 2022

Lalu, apakah sahamnya bagus untuk trading atau investasi? Tertarik untuk cari tahu dan simak analisis saham CTRA selengkapnya? Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Pakai kode promo: BLOG (untuk dapat bonus 1 bulan)

analisis saham ctra

Atau hubungi tim sales Emtrade +6282134277144


emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

ASII Cetak Rekor Laba Bersih, Segini Potensi Dividennya

28 Feb 2024, 13:22 WIB
article
ArtikelInsight

Laba Bersih AALI Turun 34% Sepanjang 2023, Kapan Ada Perbaikan?

27 Feb 2024, 16:43 WIB
article
ArtikelInsight

Laba Bersih BFIN Turun Secara Tahunan Namun Naik Secara Kuartalan, Apa Penyebabnya?

26 Feb 2024, 15:43 WIB
article
ArtikelInsight

AUTO Cetak Kinerja Positif, Berapa Potensi Dividennya?

23 Feb 2024, 16:43 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi