Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-icon

Analisis Saham KLBF: Pendapatan dan Laba Bersih Kompak Naik

31 Mar 2023, 16:24 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
analisis saham klbf

Analisis Saham KLBF – Jika kamu berencana untuk investasi saham dalam jangka panjang, pastikan untuk selalu mengenali si perusahaan termasuk kinerja keuangannya. Biasa disebut analisis fundamental. Hal ini dilakukan untuk membantumu mengambil keputusan investasi yang tepat dengan mencari saham-saham yang layak dibeli berdasarkan fundamentalnya.

Singkatnya, kalau mau untung di saham, pilih perusahaan yang punya kinerja keuangan bagus alias konsisten mencatatkan keuntungan. Maka dari itu kita tidak bisa asal sembarang pilih, apalagi asal ikut-ikutan orang lain waktu mau berinvestasi saham.

Supaya keputusannya lebih akurat, biasanya investor mengombinasikan dengan analisis teknikal guna mengetahui posisi harga terbaik untuk buy. Namun, ini sifatnya hanya tambahan saja, tidak wajib. Fokusnya tetap ke fundamental.

Kebalikan dari investor, trader justru lebih fokus ke teknikal. Sedangkan analisis fundamental hanya tambahan saja.

Nah, pada kesempatan ini kita akan mencari tahu sekilas tentang analisis saham KLBF. Kira-kira bagaimana prospek ke depannya? Apakah menjanjikan untuk investor? Yuk, langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Profil KLBF

PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) adalah perusahaan consumer good yang memproduksi produk yang berkaitan dengan kesehatan. KLBF memiliki 4 segmen bisnis: Consumer Health, Nutritionals,Prescription Pharmaceutical serta Distribution & logistic.

Selain fokus pada pasar domestik, KLBF memiliki pasar ekspor yang tersebar di 10 negara terutama regional asia dan afrika yang berkontribusi 5% terhadap total penjualan KLBF.

KLBF merupakan perusahaan farmasi publik terbesar di Asia Tenggara dengan nilai kapitalisasi pasar US$5,63 miliar dengan jumlah kepemilikan masyarakat 40,69% dan merupakan pemain nomor 1 di Indonesia untuk pharma market.

Baca juga: Analisis Saham GOTO: Rugi Tapi Optimis EBITDA yang Disesuaikan yang Disesuaikan Bisa Positif

Analisis Saham KLBF dari Kinerja 2022


Selama tahun 2022 KLBF mampu membukukan pendapatan sebesar Rp28,9 triliun naik +10.1% dibandingkan dengan tahun lalu. Diikuti oleh laba bersih yang tumbuh +6,3% secara tahunan menjadi Rp3,38 triliun.

Pendapatan yang bertumbuh positif didorong oleh semua segmen pendapatan, dengan rincian sebagai berikut:

- Segmen Obat Resep membukukan penjualan bersih sebesar Rp6,15 triliun naik +7,5% dari tahun sebelumnya dan menyumbang 21,3% dari total penjualan di FY22.

- Segmen Consumer Health membukukan penjualan bersih sebesar Rp4,15 triliun naik +14,6% dari tahun sebelumnya dan menyumbang 14.3% dari total penjualan FY22.

- Segmen Nutrisi membukukan penjualan bersih sebesar Rp7,83 triliun naik +9,3%  dari tahun sebelumnya dan menyumbang 27% dari total penjualan FY22.

- Distribusi dan Logistik memberikan kontribusi terbesar dengan membukukan penjualan bersih sebesar Rp10,8 triliun naik 10,6% dari tahun sebelumnya dan menyumbang 37,3% dari total penjualan FY22.  Segmen pendapatan inilah yang juga harus diperhatikan saat melakukan analisis saham KLBF. 

Kemudian pendapatan yang naik mendorong laba kotor tumbuh +3,6% secara tahunan menjadi Rp11,7 triliun. Namun, dari sisi margin laba kotor mengalami penyusutan dari 43% menjadi 40,4% karena meningkatnya harga pokok penjualan +3,7% secara tahunan menjadi Rp17,2 triliun.

Beberapa risiko yang perlu diperhatikan karena bisa memengaruhi kinerja KLBF di antaranya adalah kenaikan harga bahan baku dan fluktuasi nilai tukar rupiah.

Baca juga: Laba Bersih Meroket Jaminan Fundamental Emiten Bagus? Begini Faktanya

Itu tadi adalah analisis saham KLBF untuk kinerja keuangan tahun 2022 beserta profil perusahaannya. Meski begitu kamu tetap harus perhatikan aspek-aspek kinerja lainnya untuk mengetahui potensi KLBF lebih dalam lagi. Mulai dari rasio keuangan, valuasi, downside risk, dan sebagainya.

Gimana? Apakah menurutmu saham KLBF menarik? Jika kamu ingin tahu lebih banyak dengan baca analisis secara lebih lengkap dan rinci, termasuk dari segi teknikalnya, yuk upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade.

Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Pakai kode promo: BLOG (untuk dapat bonus 1 bulan)

analisis saham klbf

Atau hubungi tim sales Emtrade + 6282134277144

-ATA & RE-


emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

SIDO: Kinerja Turun Secara Tahunan Namun Mentereng di Basis Kuartalan

20 Feb 2024, 13:55 WIB
article
ArtikelInsight

Pemilu di Depan Mata, Ini Deretan Emiten yang Terafiliasi Masing-Masing Paslon

13 Feb 2024, 12:11 WIB
article
ArtikelInsight

Laba Bersih BBTN Capai All Time High Namun NIM Menurun

12 Feb 2024, 15:47 WIB
article
ArtikelInsight

Tertekan Boikot, Laba Bersih UNVR Turun 10% Sepanjang 2023

9 Feb 2024, 13:16 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi