Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-icon

Analisis Saham UNTR: Performa Solid, Siap-Siap Bagi Dividen Jumbo?

30 Mar 2023, 17:06 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
analisis saham untr

Analisis Saham UNTR - Jika kamu ingin membaca analisis saham, kamu sudah berada di artikel yang tepat! Dalam rangkaian artikel analisis saham Emtrade, kita akan membahas secara ringkas namun padat terkait saham-saham yang mungkin sedang kamu incar.

Analisis saham merupakan satu hal yang paling dicari tahu investor sebelum beli dan jual saham. Dengan mencermati analisis, investor akan mendapatkan gambaran terkait kinerja dan prospek suatu perusahaan ke depannya. Apakah sahamnya layak dibeli, jual, atau hold?

Untuk itu pada artikel ini kita akan membahas analisis saham UNTR secara singkat, padat, dan jelas agar mudah dipahami. Bagi kamu yang penasaran dengan saham ini, yuk simak ulasannya!

Profil UNTR

Berdiri pada 13 Oktober 1972, PT. United Tractors Tbk (UNTR) merupakan perusahaan yang berfokus pada penyewaan alat berat dan kontraktor untuk pertambangan. Contoh produk alat berat yang disediakan UNTR antara lain Komatsu, UD Trucks, Scania, Bomag, Tadano, dan Komatsu Forest. 

Model bisnis UNTR terdiri dari lima pilar, yaitu:

  1. Mesin konstruksi

  2. Kontraktor penambangan

  3. Pertambangan (emas dan batu bara)

  4. Industri konstruksi

  5. Energi

Sebelum lanjut ke analisis saham UNTR, ketahui dulu histori sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI). UNTR pertama kali mencatatkan sahamnya di BEI pada 19 September 1989. Ada sebanyak 2,7 juta saham yang ditawarkan dengan harga Rp7.250 per lembar saham. Maka melalui aksi ini UNTR meraup dana segar sebesar Rp19,5 miliar.

Secara kepemilikan, PT. Astra International Tbk (ASII) menjadi  pengendali dan induk usaha dari UNTR dengan porsi kepemilikan saham mencapai 59,5%. Sedangkan sisanya, dimiliki publik atau masyarakat dengan porsi saham mencapai 40,5%.

Baca juga: 3 Mindset Trading Saham Agar Profit Lebih Maksimal

Analisis Saham UNTR dari Kinerja 2022

analisis saham untr

Secara tahunan di sepanjang 2022, UNTR berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan +55,56% menjadi Rp123 triliun, dengan laba bersih naik +116,75% menjadi Rp22 triliun. 

Pendapatan tumbuh impresif terdorong dari 3 segmen berikut : 

  • Construction machinery naik 86% secara tahunan menjadi 5.753 unit lebih tinggi dibanding tahun 2021 yang hanya sebesar 3.088 unit, kenaikan penjualan alat berat didorong oleh permintaan dari semua sektor utama pengguna alat berat sebesar 60% untuk sektor pertambangan, 19% untuk sektor konstruksi, 11% untuk sektor kehutanan, dan sisanya sebesar 10% ke sektor perkebunan. 

  • Mining contracting naik 43% secara tahunan dibanding menjadi Rp47,4 triliun. 

  • Coal mining naik 127% secara tahunan menjadi Rp31,1 triliun, 

Perlu diketahui, ketiga segmen di atas merupakan kontributor utama pendapatan dengan porsi mencapai 93% dari total pendapatan UNTR.

Sedangkan segmen lainnya seperti gold mining mengalami pelemahan -8% menjadi Rp7,7 triliun dan construction industry juga mengalami penurunan -35% secara tahunan menjadi Rp949 miliar. Walaupun begitu, kontribusi kedua segmen terhadap pendapatan tidak terlalu signifikan, yakni sekitar 7%.

Dengan kinerja tersebut, UNTR berpotensi membagikan dividen cukup tinggi di tahun ini. Menurut usulan manajemen, potensi dividen per lembar yang akan dibagikan mencapai Rp7.000.

Di sisi lain investor tetap harus mengantisipasi risiko yang mungkin dihadapi UNTR seperti perlambatan ekonomi global dan inflasi.

Baca juga: Tips Mengatasi Emosi Ingin Buru-Buru Jual Saham Saat Baru Naik atau Turun Sedikit

Itu tadi adalah analisis saham UNTR untuk kinerja keuangan tahun 2022 beserta profil perusahaannya. Meski begitu kamu tetap harus perhatikan aspek-aspek kinerja lainnya untuk mengetahui potensi UNTR lebih dalam lagi. Mulai dari rasio keuangan, valuasi, downside risk, dan sebagainya.

Jika kamu tertarik baca analisis secara lebih lengkap dan rinci, termasuk dari segi teknikalnya, yuk upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade.

Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Pakai kode promo: BLOG (untuk dapat bonus 1 bulan)

analisis saham untr

Atau hubungi tim sales Emtrade + 6282134277144

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

Silang Sengkarut Utang BUMN Karya, Gimana Nasibnya?

7 Jun 2023, 14:25 WIB
utang bumn karya
ArtikelInsight

Kinerja Kuartal I/2023 HRUM Kinclong di Kala Normalisasi Batu Bara, Ini Pendorongnya

6 Jun 2023, 09:03 WIB
kinerja hrum
ArtikelInsight

Pendapatan MDKA Naik Signifikan, Laba Bersih Turun Signifikan, Kenapa?

6 Jun 2023, 09:00 WIB
kinerja mdka
Artikel

Prospek Saham ITMG: Batu Bara Normalisasi, Kinerja Menurun

31 Mei 2023, 16:49 WIB
prospek saham itmg
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2023, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi