Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-icon

Analisis Saham ANTM: Penjualan Emas Dorong Laba Bersih Hingga 105%

29 Mar 2023, 16:27 WIB
Bagikan s
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
analisis saham antm

Analisis Saham ANTM - Penting bagi investor yang ingin untung di pasar saham untuk menganalisis saham itu sendiri. Tujuannya apalagi kalau bukan mengetahui bibit, bebet, dan bobotnya. Baik itu analisis fundamental maupun analisis teknikal.

Sebab bagaimanapun juga perusahaan dengan performa keuangan yang kuat lah yang bisa menguntungkan para pemegang saham. Begitu juga dari sisi teknikalnya. Jika investor masuk di saat yang tepat dengan kondisi fundamental yang bagus, hal ini akan semakin membuat keputusan investasi lebih akurat.

Masih dalam segmen artikel analisis saham, kali ini kita akan membahas tentang analisis saham ANTM. Jadi, bagi kamu yang sedang mengincar profit di saham ini, pastikan simak dulu ya artikelnya!

Profil ANTM

PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) merupakan perusahaan BUMN yang bergerak di bidang pertambangan sejak 5 Juli 1968. Melalui wilayah operasi yang tersebar di seluruh Indonesia, kegiatan ANTM meliputi eksplorasi, penambangan, pengolahan serta pemasaran dari komoditas bijih nikel, feronikel, emas, bauksit, perak, dan batu bara.

Perusahaan yang awalnya bernama Perusahaan Negara (PN) Aneka Tambang ini memiliki segmen bisnis yang diklasifikasikan sebagai berikut:

  • Segmen nikel: bijih feronikel dan nikel

  • Segmen emas dan pemurnian: emas, perak, palladium, dan platina

  • Segmen pengoperasian lainnya: bauksit dan batu bara.

Beberapa anak perusahaan ANTM antara lain Asia Pacific Nickel Pty Ltd, PT Indonesia Coal Resources, PT Antam Resourcindo, dan PT Mega Citra Utama.

Nah, sebelum masuk ke analisis saham ANTM, ketahui dulu sejarahnya di bursa. Saham ANTM resmi terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 1997 silam dengan total saham yang ditawarkan lebih dari 430 juta saham. Dengan harga yang ditawarkan Rp1.400 per lembar saham, maka kala itu ANTM meraup dana segar sebesar Rp603 miliar.

Tidak hanya itu, ANTM juga mencatatkan sahamnya di Australia dengan status foreign entity pada tahun 1999. Status tersebut ditingkatkan pada tahun 2022 menjadi ASX Listing, sehingga memiliki ketentuan yang lebih ketat.

Baca juga: Apa itu Fundamental Saham? Hal yang Wajib Dipahami Investor

Analisis Saham ANTM dari Kinerja 2022

analisis saham antm

Kinerja ANTM sepanjang tahun 2022 sangat cemerlang. ANTM berhasil mencatatkan penjualan bersih sebesar Rp45,93 triliun, tumbuh 19% jika dibandingkan penjualan pada periode 2021 sebesar Rp38,45 triliun.

Kontribusi penjualan didominasi oleh penjualan domestik mencapai Rp36,58 triliun atau setara dengan 80% total penjualan. Produk emas menjadi kontributor terbesar penjualan dengan proporsi 69% terhadap total penjualan.

ANTM mencatatkan laba bersih tahun 2022 sebesar Rp3,82 triliun atau naik 105% secara tahunan dari Rp1,86 triliun di tahun 2021.

Karena kontribusi terbesar ada di emas, ANTM diuntungkan dari harga komoditas emas. Adapun prospek kendaraan listrik (electric vehicle/EV) yang turut memengaruhi kinerja ANTM mengingat ANTM masuk ke MIND ID (Mining Industry Indonesia).

Sementara itu pihak manajemen belum mengungkapkan pembayaran dividen kepada pemegang saham. Namun, perlu diketahui, ANTM termasuk perusahaan yang cukup konsisten bagi-bagi dividen.

Kira-kira bagaimana prospek ANTM ke depannya? Bagaimana strateginya? Nah, bagi kamu yang penasaran dan pengin tahu lebih banyak terkait prospek ANTM, kamu bisa dapatkan di membership Emtrade.

Selain analisis fundamental, kamu juga mendapatkan ulasan tentang analisis teknikal dari saham ANTM. Hal ini akan semakin membuat keputusanmu lebih akurat karena dikombinasikan antara analisis fundamental dan analisis teknikal. Bahkan, jika kamu ada pertanyaan seputar ANTM atau saham lainnya, Emtrade siap bantu jawab.

Baca juga: Laba Bersih vs Arus Kas, Mana yang Lebih Penting?

Tertarik untuk cari tahu dan simak analisis saham ANTM selengkapnya? Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Pakai kode promo: BLOG (untuk dapat bonus 1 bulan)

analisis saham antm

 Atau hubungi tim sales Emtrade + 6282134277144

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.

Bagikan s
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

Laba Bersih ICBP Terkoreksi Efek Pembengkakan Beban Keuangan

2 Mei 2024, 17:20 WIB
article
ArtikelInsight

Performa Keuangan ASII di Kuartal I/2024 Menurun, Ini Penyebabnya

30 Apr 2024, 16:18 WIB
article
ArtikelInsight

Performa Keuangan UNVR Membaik, Gimana Efek Penarikan Es Krim?

26 Apr 2024, 15:09 WIB
article
ArtikelInsight

BBRI Cetak Laba Bersih Naik Tipis 2,7% Jadi Rp15,6 Triliun

25 Apr 2024, 13:06 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi