Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-icon

Analisis Saham BBRI: Raup Laba Bersih Rp15 T di Kuartal I/2023

29 Mar 2023, 16:18 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
analisis saham bbri

Analisis Saham BBRI – Jika kamu ada rencana beli saham untuk investasi, pastikan untuk selalu mengenali si perusahaan termasuk kinerja keuangannya. Biasa disebut analisis fundamental. Hal ini dilakukan untuk membantumu mengambil keputusan investasi yang tepat dengan mencari saham-saham yang layak dibeli berdasarkan fundamentalnya.

Singkatnya, kalau mau untung di saham, cari perusahaan yang punya kinerja keuangan bagus alias konsisten mencatatkan keuntungan. Maka dari itu kita tidak bisa asal sembarang pilih, apalagi asal ikut-ikutan orang lain waktu mau berinvestasi saham.

Nah, pada kesempatan ini kita akan mencari tahu sekilas tentang analisis saham BBRI. Bagaimana prospek ke depannya? Apakah menjanjikan untuk investor? Yuk, langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Profil BBRI

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) merupakan salah satu bank milik pemerintah terbesar di Indonesia dan sudah berdiri sejak tahun 1895. Hingga akhir 2022, bank ini memiliki 467 kantor cabang di Indonesia dan 5 kantor cabang di luar negeri. BBRI masuk ke dalam kategori KBMI IV dengan modal inti di atas Rp30 triliun. 

Saat ini BBRI menjadi holding membawahi PNM dan Pegadaian, serta memiliki 5 anak usaha yaitu BRI Syariah, Bank Raya, BRI Remittance, Asuransi BRI Life, dan BRI Multifinance. Secara kepemilikan, pemerintah memiliki porsi saham mencapai 53%, sedangkan sisanya dimiliki masyarakat. 

Baca juga: Belajar Membaca Laporan Keuangan Perbankan

Analisis Saham BBRI dari Kinerja Terbaru

analisis saham bbri

Bagaimana dengan kinerja terbarunya?

BBRI dan anak perusahaannya berhasil mencatat laba bersih sebesar Rp15,56 triliun pada kuartal I 2023, naik 27,37% dibandingkan dengan kuartal I tahun lalu. Dalam periode yang sama, pendapatan bunga dan pendapatan syariah bersih BRI secara konsolidasi naik 7,8% menjadi Rp32,77 triliun.

Pencapaian laba pada kuartal pertama tahun ini didukung oleh penyaluran kredit, yang totalnya mencapai Rp1.180,12 triliun. Mayoritas kredit tersebut diberikan kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang mencapai 83,86% dari total kredit atau setara dengan Rp989,64 triliun.

Kualitas kredit BBRI juga semakin membaik dengan rasio non-performing loan (NPL) sebesar 2,86% pada akhir kuartal I 2023. Rasio tersebut turun dibandingkan kuartal I tahun lalu yang masih 3,09%.

Selain itu dana pihak ketiga (DPK) yang berhasil dihimpun sebesar Rp1.255,45 triliun, naik 11,45% secara tahunan. DPK tersebut didominasi oleh dana murah atau current account saving account (CASA) yang naik 13,01% menjadi Rp810,09 triliun. Rasio CASA juga meningkat menjadi 64,53%, dibandingkan kuartal I tahun lalu yang masih 63,63%. Artinya, kegiatan operasional bank dalam menghimpun dana cukup efektif.

Di sisi lain BBRI tengah bersiap melakukan buyback atau membeli kembali saham yang beredar sebesar Rp1,5 triliun setelah disetujui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepemilikan saham untuk para pekerja. Sejauh ini belum ada jadwal pelaksanaan buyback tersebut.

Baca juga: Sektor Banking 101: Pemahaman dan Cara Analisisnya

Itu tadi adalah analisis saham BBRI yang perlu kamu tahu. Mulai dari profil bisnis hingga hasil kinerja terbarunya. Meski begitu kamu tetap harus perhatikan aspek-aspek kinerja lainnya untuk mengetahui potensi BBRI lebih dalam lagi. Mulai dari rasio keuangan, prospek pasca right issue, valuasi, downside risk, dan sebagainya.

Jika kamu tertarik baca analisis secara lebih lengkap dan rinci, termasuk dari segi teknikalnya, yuk upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade.

Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Pakai kode promo: BLOG (untuk dapat bonus 1 bulan)

analisis saham bbri

Atau hubungi tim sales Emtrade + 6282134277144

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

Laba Bersih ICBP Terkoreksi Efek Pembengkakan Beban Keuangan

2 Mei 2024, 17:20 WIB
article
ArtikelInsight

Performa Keuangan ASII di Kuartal I/2024 Menurun, Ini Penyebabnya

30 Apr 2024, 16:18 WIB
article
ArtikelInsight

Performa Keuangan UNVR Membaik, Gimana Efek Penarikan Es Krim?

26 Apr 2024, 15:09 WIB
article
ArtikelInsight

BBRI Cetak Laba Bersih Naik Tipis 2,7% Jadi Rp15,6 Triliun

25 Apr 2024, 13:06 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi