Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-icon

Analisis Saham TLKM: Laba Bersih 2022 Menyusut, Apa Kabar Dividennya?

28 Mar 2023, 15:38 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
analisis saham tlkm

Analisis saham TLKM menjadi salah satu analisis yang paling dicari tahu investor. Sebagai saham big caps atau saham berkapitalisasi besar, TLKM cukup digandrungi oleh banyak orang untuk mendulang cuan di pasar saham. Ini tercermin dari likuiditas yang bisa dilihat dari bid-offer yang ada di running trade. Di mana saham ini cukup sering diperdagangkan, bahkan masuk ke deretan saham favorit investor asing.

Hal tersebut tidak jarang dijadikan satu patokan oleh investor ritel sebagai indikasi saham yang bagus. Selain itu biasanya arus masuk dan keluar investor asing dari saham tertentu bisa menggerakkan harga saham karena modalnya yang cukup besar.

Jika kamu tertarik dengan saham TLKM, sebaiknya baca dulu analisis sahamnya. Dengan begitu kamu akan mendapatkan gambaran terkait kinerja dan prospek perusahaannya di masa mendatang. Apakah layak dibeli, jual, atau hold?

Profil TLKM

Sebelum kita bahas analisis saham TLKM, yuk kenalan dulu dengan bisnis perusahaannya!

PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) merupakan perusahaan BUMN yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan jaringan telekomunikasi terbesar di Indonesia dengan jumlah pengguna sekitar 159,8 juta orang dan pelanggan Indihome 9 juta orang per kuartal III-2022.

Dalam hal bisnis, TLKM memiliki beberapa lini bisnis di antaranya adalah:

  • Segmen digital connectivity: Fiber to the x (FTTx), operator seluler, Software Defined Networking (SDN) / Network Function Virtualization (NFV) / Satelite

  • Segmen digital platform: Data Center, Cloud, Internet of Things (IoT), Big Data / Artificial Intelligence (AI), Cybersecurity

  • Segmen digital service: Enterprise, Consumer (data dan internet)

Pemerintah Republik Indonesia menjadi pemegang saham mayoritas TLKM sebesar 52,09% sedangkan sisanya 47,91% dimiliki oleh public atau masyarakat umum.

Saham TLKM resmi terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 14 November 1995. Saham yang ditawarkan sebanyak lebih dari 933 juta saham dengan harga penawaran Rp2.050 per lembar. Dengan begitu raupan dana TLKM sebesar Rp1,9 triliun.

Pada tanggal yang sama TLKM juga terdaftar pada bursa luar negeri, yakni New York Stock Exchange (NYSE) dengan kode TLK.

Baca juga: 5 Golden Rules Money Management Saham Supaya Cuan Maksimal

Analisis Saham TLKM dari Kinerja 2022

analisis saham tlkm

Bagaimana dengan kinerja keuangan TLKM sepanjang tahun 2022?

TLKM mencatatkan kenaikan tipis pada pendapatannya di tahun 2022 +2,8% secara tahunan menjadi Rp147,3 triliun. Hal ini ditopang dari beberapa segmen bisnis sebagai berikut:

  • Pendapatan data, internet, dan jasa TI naik 5,09% menjadi Rp86,41 triliun

  • Pendapatan indihome naik 6,4% menjadi Rp28,02 triliun

  • Pendapatan interkoneksi naik 8,7% menjadi Rp8,47 triliun

Sayangnya, pendapatan dari telepon menyusut sebesar -17,4% dan ada kerugian dari investasi di GOTO sebesar Rp6,43 triliun. Alhasil, laba bersih TLKM menyusut -16,1% secara tahunan menjadi Rp20,75 triliun. Selain untuk tujuan investasi, investasi TLKM di GOTO juga karena  ada kerjasama B2B.

Di sisi lain, TLKM dikabarkan akan mengadakan RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) dalam waktu dekat, tapi masih belum ada konfirmasi terkait jadwalnya. 

Untuk sentimen suku bunga tampaknya sudah mulai mereda karena BI (Bank Indonesia) sudah tahan suku bunga 2 kali. Saat ini investor sedang mengantisipasi potensi perlambatan ekonomi global dan The Fed yang masih menaikkan suku bunga, sehingga potensi outflow dari investor asing masih bisa berlanjut.

Lalu, bagaimana dengan key performance TLKM lainnya? Apakah menunjukkan sinyal positif?

Kamu bisa baca ulasan analisis saham TLKM selengkapnya di membership Emtrade. Di sini kamu juga akan membaca analisis terkait outlook di tahun 2023, downside risk, dan valuasi guna menentukan keputusan investasi.


Selain analisis fundamental, kamu juga mendapatkan ulasan tentang analisis teknikal dari saham TLKM. Hal ini akan semakin membuat keputusanmu lebih akurat karena dikombinasikan antara analisis fundamental dan analisis teknikal


Baca juga: Belajar Analisis Fundamental Part 1: Basic

Tertarik untuk cari tahu dan simak analisis saham TLKM  selengkapnya? Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

analisis saham tlkm

Atau hubungi tim sales Emtrade + 6282134277144

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

Laba Bersih ICBP Terkoreksi Efek Pembengkakan Beban Keuangan

2 Mei 2024, 17:20 WIB
article
ArtikelInsight

Performa Keuangan ASII di Kuartal I/2024 Menurun, Ini Penyebabnya

30 Apr 2024, 16:18 WIB
article
ArtikelInsight

Performa Keuangan UNVR Membaik, Gimana Efek Penarikan Es Krim?

26 Apr 2024, 15:09 WIB
article
ArtikelInsight

BBRI Cetak Laba Bersih Naik Tipis 2,7% Jadi Rp15,6 Triliun

25 Apr 2024, 13:06 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi