Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-icon

Analisis Saham BRIS: Kinerja Cemerlang di 2022, Gimana Prospek Pasca Right Issue?

27 Mar 2023, 15:58 WIB
Bagikan s
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
analisis saham bris

Analisis Saham BRIS - Analisis merupakan satu hal yang paling dicari tahu investor sebelum beli dan jual saham. Dengan mencermati analisis, investor akan mendapatkan gambaran terkait kinerja dan prospek suatu perusahaan ke depannya. Apakah sahamnya layak dibeli, jual, atau hold?

Nah, pada artikel ini kita akan membahas analisis terkait saham BRIS secara singkat, padat, dan jelas agar mudah dipahami. Bagi kamu yang penasaran dengan saham ini, langsung saja simak ulasannya di bawah ini sampai selesai! Kira-kira bagaimana analisis saham BRIS?

Profil BRIS 

Berdiri pada tahun 1969 dengan nama PT Bank Jasa Arta, bank ini beberapa kali sempat mengalami perubahan nama menjadi PT Bank Syariah BRI, lalu berganti lagi menjadi PT Bank BRI Syariah di 2009.

Kemudian efektif pada Februari 2021 berubah menjadi PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) setelah melalui proses merger 3 bank syariah antara lain Bank Mandiri Syariah, BNI Syariah, dan BRI Syariah. Otomatis aksi merger ini membuat BRIS menjadi bank syariah terbesar di Indonesia dan analisis saham BRIS cukup diperhatikan bagi investor saham yang tertarik.

Secara kepemilikan, PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) sebagai pengendali memiliki porsi kepemilikan saham mencapai 51,47%. Sisanya sebesar 23,24% dimiliki PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), 15,38% dimiliki PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), dan 9,91% dimiliki publik atau masyarakat umum.

Baca juga: Belajar Analisis Fundamental Part 1: Basic

Analisis Saham BRIS dari Kinerja 2022

analisis saham bris

Bagaimana performa keuangan BRIS sepanjang 2022? Secara tahunan BRIS berhasil mencatatkan kenaikan pada pendapatan bunga bersih atau net margin income sebesar 18,12% menjadi Rp 15,56 triliun.

Pertumbuhan net margin income terdorong dari penyaluran pembiayaan yang ekspansif 21,26% secara tahunan menjadi Rp 207,7 triliun. Adapun pendorong lainnya adalah efisiensi beban bagi hasil hingga -10,13 secara tahunan menjadi Rp4,04 triliun. 

Dari sisi laba bersih pun BRIS mencatatkan peningkatan sebesar 40,68% menjadi Rp 4,26 triliun. Kinerja positif ini didorong pendapatan biaya atau fee based income yang naik 21,20% secara tahunan menjadi Rp 3,71 triliun.

Beberapa waktu lalu, BRIS baru saja menyelesaikan right issue dan meraup dana segar senilai Rp 5 triliun. Sementara itu sentimen yang mungkin dihadapi BRIS antara lain risiko inflasi, perlembatan ekonomi global, dan rasio penyaluran pembiayaan macet lebih tinggi dari segmen corporate dan commercial.

Baca juga: Cara Cek Saham-Saham Syariah, Ketahui Langkah-Langkahnya di Sini!

Demikian adalah analisis saham BRIS untuk kinerja keuangan tahun 2022 beserta profil perusahaannya. Meski begitu kamu tetap harus perhatikan aspek-aspek kinerja lainnya untuk mengetahui potensi BRIS lebih dalam lagi. Mulai dari rasio keuangan, valuasi, downside risk, dan sebagainya.

Jika kamu tertarik baca analisis secara lebih lengkap dan rinci, termasuk dari segi teknikalnya, yuk upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade.

Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

analisis saham bris

Atau hubungi tim sales Emtrade + 6282134277144
-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan s
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

Laba Bersih ICBP Terkoreksi Efek Pembengkakan Beban Keuangan

2 Mei 2024, 17:20 WIB
article
ArtikelInsight

Performa Keuangan ASII di Kuartal I/2024 Menurun, Ini Penyebabnya

30 Apr 2024, 16:18 WIB
article
ArtikelInsight

Performa Keuangan UNVR Membaik, Gimana Efek Penarikan Es Krim?

26 Apr 2024, 15:09 WIB
article
ArtikelInsight

BBRI Cetak Laba Bersih Naik Tipis 2,7% Jadi Rp15,6 Triliun

25 Apr 2024, 13:06 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi