Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Saham Lagi Naik-Turun, Begini Cara Jitu Bill Gates Supaya Tetap Cuan

12 Jan 2023, 16:33 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Siapa sih yang tak kenal Bill Gates? Pendiri Microsoft tersebut sudah lama melanglang buana di industri komputasi hingga sukses menyandang titel orang terkaya di dunia. Menurut data Forbes, Gates menduduki posisi ketujuh orang terkaya dengan total kepemilikan harta US$111 miliar alias Rp1.696 triliun.

Sumber pendapatan Gates tidak hanya terkonsentrasi pada bisnis Microsoft. Investasi saham yang dia lakoni dari tahun ke tahun juga turut berkontribusi terhadap kekayaannya. Dan bahkan strategi investasi Gates telah menginspirasi banyak orang karena dinilai selalu menghasilkan profit baik itu saat tren bullish maupun bearish.

Nah, berhubung belakangan ini IHSG cenderung bergerak sideways, mari kita intip cara Bill Gates supaya tetap cuan di pasar saham.

Konsisten Cuan Rp2 Triliun per Tahun

Dilansir dari Bloomberg Billionaires, per 12 Januari 2023, Bill Gates punya aset di saham sebanyak US$124,49 miliar atau setara Rp1,9 triliun. Gates menerapkan strategi jangka panjang di saham-saham blue chip. Perusahaan dengan bisnis yang menjadi top of mind, memiliki rekam jejak yang signifikan dan kombinasi aset yang sulit ditiru, serta pendapatan yang terus berpeluang untuk tumbuh dalam jangka panjang

5 dari total 16 saham terbesar yang dimiliki Bill Gates:

  • Microsoft: US$24,3 miliar

  • Republic Service Inc: US$13,9 miliar

  • Deere & Company: US$8,57 miliar

  • Ecolab Inc.: US$4,81 miliar

  • Givaudan Swiss: US$3,63 miliar

Fakta menariknya, 13 dari 16 saham Bill Gates ini rutin memberikan dividen kepada pemegang saham. Bahkan, mayoritas saham di AS rutin bagi dividen sampai 4 kali setahun. Jika dengan mengasumsikan total lembar saham yang dimiliki Bill Gates dengan posisi harga saham per 11 Januari 2023, lalu jumlah lembar saham itu dimiliki sejak awal tahun. 

Berarti, Bill Gates mencatatkan pendapatan pasif dari dividen senilai US$4,26 miliar atau Rp65 triliun. Beberapa contoh saham dividen yang kasih pendapatan pasif terbesar sepanjang 2022 antara lain DGE US$3,4 miliar, Microsoft US$261 juta, dan Republic Service Inc US$209 juta.

Baca juga: Bernilai US$327,66 Miliar, Yuk Intip Portofolio Opa Warren Buffett

Tetap Cuan di Segala Kondisi

Seperti yang kita tahu, dividen didapat dari perolehan laba perusahaan. Dengan demikian dividen hanya akan rutin dibagikan oleh perusahaan yang kinerja keuangannya bertumbuh secara konsisten. Nah, inilah strategi yang dipilih Bill Gates untuk tetap memperoleh pendapatan pasif dari saham-saham yang dikoleksi. Jadi meskipun harga sahamnya turun dalam, dia akan tetap diuntungkan dari dividen tersebut.

Contohnya seperti saat saham Microsoft turun hampir 25% sepanjang tahun 2022. Namun, berkat strateginya itu, Bill Gates masih dapat menikmati keuntungan berupa dividen sebesar US$261,78 juta atau setara Rp4 triliun

Seperti, saat saham Microsoft turun hampir 25% sepanjang 2022, tapi sepanjang periode itu Bill Gates masih dapat dividen sekitar US$261,78 juta atau sekitar Rp4 triliun. Bahkan, strategi dividend investing juga diterapkan di aset filantropisnya. Sehingga aset yang disumbangkan ke Bill & Melinda Gates Foundation tidak terganggu oleh kondisi market ataupun inflasi yang tinggi karena selalu mendapatkan pendapatan dari dividen tersebut.

Namun ingat, dividen bukanlah kewajiban bagi perusahaan. Biasanya, dividen dibagikan ketika perusahaan mencatatkan laba bersih yang besar. Untuk itu, jika ingin mendapatkan dividen yang rutin bisa pilih saham yang secara konsisten membagikan dividen saat ekonomi bagus maupun lagi kurang baik.

Baca juga: Ciri-Ciri Saham yang Menarik untuk Trading Saat Market Turun

Nah, gimana? Mau mahir berinvestasi supaya utin dapat dividen dari saham berfundamental bagus seperti Bill Gates? Dapatkan trading signal dan analisisnya di Emtrade!

Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE, SR-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi