Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconPemula

Mau Resign untuk Jadi Full Time Trader? Ketahui Beberapa Hal Ini Dulu!

9 Jan 2023, 16:46 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Sudah menjadi rahasia umum bahwa saham mampu menghasilkan potensi return yang sangat atraktif dan terus menarik kalangan investor baru. Tidak jarang juga yang bermimpi ingin menjadi full time trader supaya cuannya semakin optimal. 

Seperti namanya, maksud full time trader di sini merujuk sebagai satu-satunya pekerjaan yang dimiliki seseorang. Jadi semua kebutuhan termasuk gaya hidup akan sepenuhnya dibiayai oleh hasil dari jual-beli saham di pasar modal.

Kalau Emtraders sendiri, apakah tertarik menjadi full time trader? Kalau kamu salah satu orang yang sedang pertimbangkan resign untuk menjalani full time trading, ada beberapa hal yang mesti diketahui dulu nih. Apa saja? Langsung saja simak artikelnya sampai selesai.

Keuntungan Menjadi Full Time Trader

Salah satu alasan terbesar orang-orang ingin beralih menjadi trader penuh waktu adalah fleksibilitas dalam hal waktu. Karena tidak terikat oleh suatu pekerjaan, full time trading memungkinkan kamu untuk bebas mengatur waktu. Dengan begitu kamu bisa belajar tentang saham lebih leluasa dan trading di market sesuai dengan kebutuhan. Tidak seperti pekerjaan 9-to-5, seluruh rutinitas dalam seminggu dapat ditentukan oleh diri sendiri.

Hal ini sekaligus membantumu memiliki manajemen waktu yang baik. Sebab bagaimanapun juga seorang trader perlu memantau kondisi market beserta sentimen yang menyertainya agar bisa membuat keputusan jual-beli yang tepat.

  • Bisa memberikan profit yang lebih maksimal

Seperti yang kita tahu, nominal gaji biasanya bersifat tetap. Kenaikannya pun lambat, tergantung kebijakan dari perusahaan tempat kita bekerja. Belum lagi ada potensi risiko pemotongan gaji saat terjadi resesi ekonomi. Dalam beberapa kasus bahkan mengimplementasikan pemutusan hak kerja (PHK).

Di sisi lain pasar saham mampu menawarkan keuntungan besar yang bisa mengalahkan tingkat inflasi jika menggunakan strategi trading yang tepat. Dengan ilmu dan skill yang mumpuni, baik itu untuk praktik maupun psikologi, kita bisa menghasilkan banyak profit hanya dari satu kali trading saja. Apalagi kalau menjadi full time trader yang notabenenya punya kebebasan waktu, pasti kamu bisa bayangkan dong hasilnya?

Baca juga: Alasan Kenapa Trading Saham Nggak Cukup Pakai Analisis Teknikal Beserta Tipsnya

Tantangan Menjadi Full Time Trader

  • Menyebabkan addiction

Menjadi full time trader mengharuskan kamu untuk sering pantau market supaya bisa cepat ambil peluang sekaligus langkah antisipasi. Nah, karena keseringan pantau market, alhasil dapat menyebabkan addiction yang mendorong kamu untuk terus beli saham. Padahal, belum ada rencana untuk beli atau tambah porsi lagi.

Satu hal yang membedakan antara trading saham dengan berdagang adalah waktu transaksi. Kalau dagang bisa dilakukan kapan saja, trading justru sangat bergantung dengan kondisi market. Tergantung trennya, apakah sedang naik, turun, atau sideways? Tidak bisa sembarang jual-beli kalau mau dapat profit yang optimal. Sehingga apabila terus-terusan beli saham tanpa mengikuti arus market, bisa jadi bukannya menambah keuntungan, tapi malah menambah risiko.


Hal lain yang menjadi tantangan bagi full time trader adalah kesiapan mental dalam menghadapi market. Emosi harus dikelola dengan baik mengingat saham merupakan salah satu instrumen yang harganya sangat berfluktuasi. Ditambah lagi biasanya day trader suka dengan saham-saham dengan volatilitas yang tinggi yang bisa naik cepat tapi bisa turun cepat juga. Dan sering kali penurunannya sangat dalam.

Baca juga: 4 Mindset untuk Mengendalikan Emosi di Pasar Saham

Syarat Penting Menjadi Full Time Trader

Sebelum memutuskan untuk resign dari pekerjaan dan beralih menjadi full time trader, pastikan dulu kamu sudah punya pengalaman yang signifikan di saham. Sudah melewati fase-fase ter-bullish dan ter-bearish dengan kemampuan yang makin terasah. Biasanya semakin tinggi jam terbang, semakin matang ilmu praktik dan mindset-nya.Sehingga kamu tahu what to expect dan what to do selama kondisi-kondisi tertentu.

Pengaturan keuangan sering kali disepelekan. Padahal, kalau kondisi finansial masih berantakan, yang ada kamu akan menambah masalah-masalah baru ke depannya. Mengapa ini penting? Sebab berdasarkan teori piramida keuangan, trading dan investasi bukanlah prioritas utama dalam hal keuangan pribadi.

Nomor satu yang harus didahulukan adalah cash flow. Cek lagi kondisi keuangan kamu, apakah penghasilan saat ini sudah lebih besar dibandingkan pengeluaran? Apakah sudah terbebas utang? Jangan sampai modal trading didapat dari hasil ngutang.

Selanjutnya, pastikan kamu punya proteksi diri yang baik. Mau itu asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Nah, cash flow dan proteksi menjadi fondasi utama yang harus diutamakan. Jika sudah aman, maka kamu boleh masuk ke step berikutnya, yaitu trading atau investasi.

Baca juga: Strategi Mengatasi Masalah Psikologi trading

Kesimpulannya, menjadi full time trader bukan hal yang mudah dan belum tentu cocok untuk semua orang. Jadi lebih baik kalau kamu punya pekerjaan tetap sambil aktif trading. Kalau merasa waktu kamu terbatas, Emtrade siap bantu kok!

Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi