Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

MUFG Lirik Investasi ke Akulaku Rp 3,1 T, Gimana Prospeknya?

15 Des 2022, 14:49 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Mitsubishi UFJ Financial Group Inc (MUFG), salah satu perusahaan terbesar di bidang keuangan asal Jepang menyatakan ketertarikannya investasi di Akulaku sebesar USD 200 juta atau sekitar Rp 3,1 triliun. Kira-kira gimana prospeknya? 


Mengutip laporan Bloomberg, rencana investasi MUFG ini masih dalam tahap pembicaraan, diperkirakan nilai investasi senilai SD 200 juta potensi dapat mengimplikasikan nilai valuasi Akulaku menjadi USD 1,5 miliar. 


Sebagai informasi, Akulaku merupakan startup fintech yang berdiri sejak 2014 yang memiliki beberapa layanan diantaranya digital banking, consumer credit, digital investment, insurance, hingga e-commerce. Akulaku telah beroperasi di Indonesia,  Vietnam, Malaysia, dan Filipina. 


Selain itu, Akulaku melalui PT Akulaku Silvrr Indonesia diketahui merupakan pengendali di saham bank digital di Indonesia yaitu PT Bank Neo Commerce Tbk (BBYB). 


Jika investasi MUFG ke Akulaku ini berhasil potensi akan menambah modal Akulaku yang telah dikumpulkan dari awal tahun ini, termasuk dari Siam Commercial Bank Pcl Thailand senilai USD 100 juta yang harapannya ke depan akan semakin memperkuat struktur permodalan. 


Disisi lain, langkah MUFG yang berencana investasi di Akulaku ini dinilai sejalan dengan upaya MUFG yang memang sedang ekspansi di Asia Tenggara. Seperti pada 2019 lalu dimana MUFG berhasil akuisisi PT Bank Danamon Tbk (BDMN)  dan menjadi pengendali, terhitung per hari ini (15/12) kepemilikan sahamnya di BDMN mencapai 92,47%. 


Terbaru pada November lalu, MUFG melalui Bank of Ayudhya Pcl (Krungsi) dan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (ADMF) juga menyatakan akan mengakuisisi Home Credit di Filipina dan Indonesia.  


Kesimpulannya, rencana investasi ini jika berhasil tentu saja akan menguntungkan kedua belah pihak baik MUFG dan Akulaku, dimana MUFG punya peluang mengepakkan sayap bisnisnya lebih luas di Asia Tenggara. Sementara itu, Akulaku berpotensi mendapatkan keuntungan dari menguatnya struktur permodalan dan peluang ekspansi yang bisa mengoptimalkan profitabilitasnya.


Walaupun begitu, kita tetap perlu manage expectation karena rencana investasi masih dalam tahap pembicaraan, jadi peluang batal pun masih memungkinkan. 


Mau belajar trading dan investasi saham secara praktis? yuk upgrade ke VIP member Emtrade. 

Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, cryptoclass, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-TN-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.

Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi