Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

GOTO, BUKA, dan BELI Masuk Papan New Economy, Apa Manfaatnya?

13 Des 2022, 17:04 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Emtraders, pada Senin minggu lalu (5/12) Bursa Efek Indonesia (BEI) resmi meluncurkan papan pencatatan baru yang bernama papan new economy. Adapun sejumlah saham yang bergeser dari papan utama ke papan new economy antara lain GOTO, BUKA, dan BELI.

Kira-kira apa saja ya manfaatnya? Nah, supaya lebih paham, simak dulu yuk ulasan di bawah ini beserta dampak dari perpindahan ketiga emiten ke papan yang baru.

Manfaat Papan New Economy

Papan new eceonomy atau ekonomi baru ditujukan sebagai papan pencatatan untuk perusahaan-perusahaan berbasis teknologi dalam hal menciptakan inovasi produk dan jasa yang memiliki kemanfaatan sosial luas dengan tingkat pertumbuhan tinggi.

Pembuatan papan ini merupakan langkah bursa dalam mendorong perkembangan perusahaan dengan kriteria tersebut sekaligus menjadi sarana branding bagi perusahaan tercatat. Sehingga tiga e-commerce raksasa GOTO, BUKA, dan BELI masuk ke dalam kelompok saham yang tercatat lantaran adanya kesesuaian dengan kriteria yang dimaksud.

Selain itu papan ekonomi baru juga mengakomodasi pencatatan perusahaan yang memiliki skema Saham Dengan Hak Suara Multipel (SHSM).

Dengan adanya papan ini, diharapkan dapat memudahkan investor saat melakukan pengambilan keputusan investasi berdasarkan strategi yang digunakan.

Baca juga: Harga Saham GOTO Jauh di Bawah Book Value, Tanda Sudah Murah?

Bedanya dengan Papan Utama

Papan utama adalah papan pencatatan saham bagi perusahaan berskala besar dengan rekam jejak yang signifikan. Kepemilikan aset setidaknya harus sebesar Rp100 miliar setelah dikurangi aset tidak berwujud, aset pajak tangguhan, total liabilitas, dan kepentingan non pengendali. Adapun masa operasional perusahaan sekurang-kurangnya berjalan selama 3 tahun.

Tidak ada perbedaan yang besar antara papan utama dan papan ekonomi baru. Papan ekonomi baru memiliki ketentuan dan status yang sama dengan papan utama. Berdasarkan keterangan BEI, papan ini setara dengan papan utama, hanya saja ada beberapa kriteria tambahan seperti yang dijelaskan di poin pertama.

Saham papan new economy dapat diketahui melalui listing type dan notasi khusus di belakang kode saham.

Baca juga: Papan Pencatatan di Bursa Efek Indonesia Terdiri dari 3 Jenis

Notasi Khusus di Papan New Economy

Notasi khusus biasanya identik dengan informasi negatif terkait perusahaan tertentu. Namun, notasi yang dimaksud di sini adalah notasi yang mengidentifikasi bahwa suatu saham tercatat di papan new economy.

Terdapat dua notasi khusus untuk saham yang dicatatkan di papan ini:

  1. Notasi khusus “K” yang berarti perusahaan menerapkan SHSM dan tercatat di Papan Ekonomi Baru.

  2. Notasi khusus “I” yang berarti perusahaan tidak menerapkan SHSM dan tercatat di Papan Ekonomi Baru.

Notasi khusus GOTO berubah dari N menjadi K. Sedangkan BUKA dan BELI mendapat notasi khusus I.

Baca juga: Mengenal Notasi Khusus Saham di IDX, Biar Kamu Nggak Salah Beli

Dampaknya


Sekarang pertanyaannya, apakah perpindahan saham-saham startup ke papan ekonomi baru akan membawa pengaruh terhadap pergerakan IHSG? Terlebih lagi GOTO sebagai big caps sering kali memengaruhi arah IHSG saat sahamnya naik dan turun.

Mengacu pada keterangan BEI, perpindahan tersebut tidak akan berpengaruh pada IHSG. Perhitungan dampak pergerakan GOTO ke IHSG akan tetap sama. Yang mengalami perubahan adalah bobot GOTO seiring dengan perubahan harga dan kapitalisasi pasarnya.

Baca juga: Hati-Hati Terjebak! Ini Cara Tahu Bid-Offer Palsu

Setelah baca artikel ini, mungkin kamu penasaran nih dengan prospek GOTO, BUKA, dan BELI ke depannya. Apakah cukup potensial? Bagaimana strateginya? Belajar lebih banyak dan dapatkan trading signal dengan cara upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade.

Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.





Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi