Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconTeknikal

Strategi Cicil Beli Saham Investing Saat Harganya Terkoreksi

29 Jan 2024, 08:25 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Investasi merupakan kegiatan untuk membeli saham perusahaan dengan harapan mendapatkan imbal hasil berupa dividen dan capital gain. Emtraders juga pasti sudah akrab dengan konsep investasi ‘semakin turun, semakin dibeli’.

Biasanya harga saham yang sedang terkoreksi jadi peluang emas bagi investor untuk koleksi sahamnya. Soalnya, saham seperti ini justru dinilai lebih menguntungkan secara capital gain. Pastinya dengan catatan perusahaan memiliki prospek kinerja yang baik di masa sekarang dan masa depan.

Tidak hanya itu, ciri-ciri saham yang bisa dicicil beli saat turun adalah dividend player. Artinya, saham ini sering membagi-bagikan dividen kepada pemegang saham dari hasil perolehan laba. Adapun pergerakan harganya juga stabil, alias tidak terlalu volatil.

Nah, melihat beberapa saham big caps belakangan ini terkoreksi, penting nih untuk tahu titik cicil beli secara teknikal yang ideal. Bagaimana caranya? Cari tahu jawabannya di artikel berikut ini.

Tunggu di Area Support

Tentu setiap saham yang mengalami koreksi menjadi sebuah peluang untuk cicil beli investasi. Apalagi saham tersebut memiliki fundamental bagus atau biasa disebut saham blue chip. Namun selain faktor fundamental, analisis untuk investasi juga bisa dikombinasikan dengan teknikal. Analisis teknikal di sini berperan sebagai tambahan saja untuk mengetahui titik beli yang potensial.

Nah, secara teknikal, kita bisa tunggu di support sebagai titik cicil beli pada saham investing. Hal ini dikarenakan support dinilai sebagai area pembelian yang cukup rendah untuk mengantisipasi potensi pembalikan dari turun menjadi naik.

Memang apa itu support? Support adalah level psikologis harga saham yang menahan agar saham tidak jatuh lebih dalam. Jadi ketika harga menyentuh support, maka cenderung akan terpantul dan kembali bergerak ke atas.

Itulah alasan mengapa support bisa dijadikan area beli yang ideal secara teknikal. Semakin turun maka semakin dibeli karena investor jangka panjang tidak melihat seberapa mahal atau murahnnya suatu saham, melainkan dari potensi bisnis yang akan tumbuh di masa depan.

Dan perlu diketahui, penerapan strategi cicil beli yang dilakukan di support lebih rendah risiko. Soalnya, saham dibeli di level harga yang bervariasi, yaitu level terendah pada periode tertentu. Sehingga apabila harga saham turun, kerugian masih bisa ditekan berkat harga beli rata-rata yang terbilang lebih rendah.

Baca juga: Cara Menentukan Support dan Resistance Saham yang Trader Harus Tahu

Contoh


(Chart per 12 Des 2022)

Pada contoh gambar chart di atas terlihat saham BMRI terkoreksi selama beberapa hari. Ada dua area yang dapat dicermati untuk cicil beli, yakni 9650 dan 9100. Dengan mengetahui posisi support, kita tinggal tunggu saja harga sahamnya turun sampai mengenai level tersebut. 

Jika ternyata kembali turun sampai menyentuh support pertama, maka bisa alokasikan modal sebagian untuk cicil beli. Baru pembelian berikutnya dilakukan apabila sahamnya kembali terkoreksi hingga menyentuh support yang didapat dari pergerakan terbaru.

Baca juga: Cara Mengetahui Support dan Resistance Terkuat Agar Trading Optimal

Mau tahu analisis terkait prospek saham BMRI dan saham blue chip lainnya? Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE, RA-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.





Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi