Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Cara Investasi Saham dengan Tenang dan Nggak Resah dengan Floating Loss

29 Nov 2022, 15:25 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image
Apa nih alasan kamu beli saham? yang penting harga naik atau ingin cari emiten yang benar-benar memberikan value ke pemegang saham? Memang bagaimana cara emiten memberikan value ke pemegang saham?
 

Konsep Emiten Memberikan Value ke Pemegang Saham

Investor saham sebaiknya memahami bagaimana emiten memberikan value kepada pemegang sahamnya. Dengan mengetahui cara emiten memberikan value, kita tidak akan terpengaruh aksi panic selling dan berinvestasi dengan kalem. Bahkan, ketika harga saham turun justru dianggap sebagai peluang.
 

Cara Emiten Menciptakan Value untuk Pemegang Sahamnya


Pertama, perusahaan akan menciptakan nilai dengan menghasilkan keuntungan atau profit ke dalam perusahaannya. Bukan hanya sekedar menciptakan profit, tapi diharapkan labanya akan meningkat dari periode ke periode selanjutnya.semakin tinggi perusahaan mencetak profit, semakin besar nilai yang diberikan kepada pemegang sahamnya.

Kedua, setelah menghasilkan profit maka perusahaan akan memberikan nilai tambahan bagi pemegang saham melalui bertambahnya ekuitas yang disetorkan dari profit setelah dipotong dividen. Biasanya, laba ini disebut laba ditahan (retained earnings). Dengan nilai ekuitas yang terus membesar, maka nilai buku perusahaan akan ikut meningkat dan tentunya akan menaikan nilai pemegang saham dari perspektif nilai buku.

Ketiga, perusahaan dapat menambah nilai bagi investor dengan cara membagikan dividen. Ketika perusahaan menghasilkan keuntungan, perusahaan tidak hanya menambah profitabilitas tersebut ke dalam laba ditahan, namun perusahaan juga membagikan sebagian keuntungannya kepada investor dalam bentuk dividen. Perlu dicatat, porsi pembagian dividend yang terlalu besar justru dapat memperlambat langkah perusahaan dalam berekspansi.
 
Itulah tiga proses pertambahan nilai bagi para investor. Setelah Anda memahaminya, mungkin Anda akan bertanya: apakah disaat nilai perusahaan meningkat, maka harga sahamnya dipastkan akan ikut naik juga?

Jawabannya: belum tentu.

Tapi kalo gitu, ngapain repot-repot mempelajari proses perusahaan menciptakan nilai bagi investor kalau ternyata harga sahamnya justru bergerak di tempat aja?


Back to topic: harga saham bukan hanya dipengaruhi oleh nilai saja! Secara eksternal, harga saham dipengaruhi oleh banyak faktor. Perlu diketahui, harga saham dalam jangka pendek akan bergerak fluktuatif, bisa naik atau bisa turun. Tapi dalam jangka panjang, harga saham akan bergerak seiring dengan fundamental perusahaannya.
 

Kesimpulan


Semoga pemahaman ini membuat Anda selangkah lebih maju menjadi investor saham yang berpengalaman. Yang pasti, setelah membaca artikel ini diharapkan Anda tidak terjebak pada serangan kepanikan ketika harga saham yang Anda beli turun.

Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.


-WS-

emtrade.id/disclaimer

Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

Update Data Makro: Inflasi AS & China dan IKK Indonesia, Apa Implikasinya?

13 Mar 2024, 15:55 WIB
article
ArtikelInsight

Keluar dari MSCI, Indeks FTSE Siap Tampung CUAN

19 Feb 2024, 14:10 WIB
article
ArtikelInsight

Kembangkan Bisnis FTTH, ISAT Akuisisi Pelanggan MNC Play

21 Nov 2023, 12:01 WIB
article
ArtikelInsight

Adu Kinerja Marketing Sales Emiten Properti di Kuartal III/2023, Siapa Juaranya?

24 Okt 2023, 17:14 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi