Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconPemula

Hati-Hati Terjebak! Ini Cara Tahu Bid-Offer Palsu

7 Des 2022, 15:03 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Dalam trading saham, ada yang namanya bid dan offer. Bid adalah harga permintaan yang ditentukan oleh pihak buyer. Sedangkan offer adalah harga penawaran yang ditentukan oleh pihak seller. Keduanya sama-sama berfungsi untuk menunjukkan seberapa ramai aktivitas di pasar, baik jual maupun beli.

Namun, ritel harus berhati-hati dengan adanya bid-offer palsu, terutama para scalper yang tradingnya lebih cepat.

Apa itu Bid-Offer Palsu?

Bid-offer palsu dapat diartikan sebagai transaksi palsu yang dilakukan oleh market maker dengan tujuan untuk mengendalikan harga suatu saham. Jadi di lantai harganya hanya diisi oleh beberapa orang atau bahkan satu orang saja. Begitu tujuannya sudah dicapai, mereka akan cabut bid atau offer tersebut. Sehingga tidak ada transaksi yang benar-benar terjadi. Perlu diketahui juga, aktivitas memasang bid-offer palsu sifatnya ilegal.

Bid palsu dapat diartikan sebagai jumlah bid yang tebal, tapi offer tipis. Dengan begitu terlihat saham memiliki lebih banyak permintaan daripada penawaran yang mana secara teori bisa mendorong harga saham naik.

Nah, hal ini yang kemudian memancing para ritel untuk masuk haka (hajar kanan). Ketika ritel sudah masuk, bid palsu ini pun dicabut sehingga harga saham bukannya naik, malah jadi turun.

Sementara itu offer palsu merupakan suatu kondisi di mana jumlah offer tebal, tapi bid tipis. Ketika ini terjadi ada kemungkinan market maker dari sebuah saham sedang menahan harganya, alias tidak mau harga saham digerakkan.

Baca juga: Cara Membaca Bid-Offer Saham

Cara Identifikasi Bid-Offer Palsu

Bisa dilihat di orderbook bila bid-offer berjejer, bisa jadi itu bid-offer palsu. Misalnya, market maker pasang bid 1 jut lot lalu dipecah menjadi 50 ribu lot dalam 20 antrian. Karena dilakukan dalam satu waktu, waktu transaksi juga berdempetan. Jadi jarak waktu antara bid satu dengan lainnya sangat singkat sekali. Nah, ini biasanya di-input oleh satu orang saja.

Selain itu biasanya bid-offer palsu banyak terjadi di saham-saham third liner yang memang punya volatilitas tinggi dan kapitalisasi kecil. Atau bisa juga saham-saham yang baru IPO di bursa. Maka dari itu sebaiknya untuk pemula atau trader yang konservatif hindari saham-saham ini karena risikonya cukup besar.

Baca juga: Cara Take Profit Saat Harga Saham All Time High

Contoh Bid-Offer yang Perlu Diwaspadai


Contoh saham di atas menunjukkan suatu saham dengan bid di harga 390 sebanyak 14 ribu lot antrian. Namun, saat dicek order detail-nya, ternyata dari 14 ribu ada satu orang yang antri di 11 ribu. Artinya ada potensi yang nantinya mengendalikan hanya satu orang itu saja. Meskipun baru bisa dibilang palsu apabila bid tersebut ditarik dan hilang dari orderbook.

Baca juga: Tips Trading Saham Buat Kamu yang Belum Siap dengan Risiko

Itu tadi ulasan singkat tentang bid-offer palsu. Memang ada banyak jebakan di market jika kita tidak benar-benar teliti. Oleh karenanya, penting sekali untuk membekali diri dengan ilmu yang tepat.

Yuk, belajar saham dengan Coach Emtrade dan dapatkan trading signal-nya! Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.





Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi