Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Begini Efek Piala Dunia ke Pasar Saham?

17 Nov 2022, 16:24 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Ibarat magnet yang mampu menarik seluruh benda-benda besi, ajang piala dunia secara nyata telah mengalihkan apapun. Terutama bagi pada penggemar olahraga sepak bola.


Bahkan ditengah penyerangan Amerika Serikat (AS) ke Irak pada 2008 lalu, kedua negara pernah mendadak berhenti dan sepakat untuk mengadakan gencatan senjata hanya untuk menyaksikan pagelaran akbar ini.


BACA JUGA: Adu Kinerja Saratoga vs Reksa Dana Saham, Lebih Cuan Mana?


Menariknya, keberadaan Piala Dunia ini ternyata memengaruhi pasar saham di seluruh dunia. Jadi, ketika Piala Dunia digelar, tren pasar saham cenderung sepi. 


Kepala Penelitian Kebijakan Moneter Michael Ehrmann menemukan beberapa fakta antara Piala Dunia dengan pasar saham. 


Pertama, Volume perdagangan saham negara gila bola seperti Brasil dan Argentina pada 2010 turun 75%-80% selama Piala Dunia


Kedua,  Volume perdagangan saham Rusia, yang punya kesamaan waktu dengan tuan rumah piala dunia Afrika Selatan, turun 55%  selama Piala Dunia


Bagaimana dengan Pasar Saham Indonesia?


Faktanya, pasar saham Indonesia juga mengalami penurunan volume transaksi saham selama gelaran Piala Dunia. Perdagangan saham pun otomatis kembali normal ketika Piala Dunia tersebut berakhir.


Pasar saham Indonesia mencatatkan rata-rata penurunan volume transaksi sekitar 12% selama periode piala dunia 2010, 2014, dan 2018. Penurunan terjadi sejak sebulan sebelum dan setelah Piala Dunia. Setelah itu,  pasar saham kembali ramai dan volume transaksi bisa naik hingga puluhan persen.


Dari hasil riset tim ECB, penurunan volume transaksi perdagangan pasar saham selama gelaran Piala Dunia terjadi akibat perhatian mayoritas pelaku pasar cenderung ke pertandingan Piala Dunia. Lalu, mereka cenderung mengabaikan pasar saham untuk sementara. 


Hal itu membuat respons pelaku pasar saham terhadap sentimen yang ada menjadi terbatas.


Lalu, jam tayang pertandingan Piala Dunia di Indonesia rata-rata di waktu tidur normal masyarakat. Akhirnya, produktivitas juga menurun.Inilah yang membuat aktivitas transaksi di pasar modal cenderung merosot. Pelaku pasar karena kurangnya konsentrasi para pelaku pasar sehingga meminimalisir aktivitas yang berlebihan dalam dunia saham untuk menghindari risiko kesalahan bertransaksi saham.


Kesimpulan


Itulah beberapa ulasan kenapa pasar modal cenderung sepi di momentum adanya Piala Dunia dari beberapa tahun terakhir diadakannya ajang Piala Dunia. 


Meski demikian, data tersebut tidak serta merta memberikan gambaran bahwa kondisi Piala Dunia selanjutnya juga akan mengalami pola yang sama. Faktor-faktor eksternal, bagaimanapun akan ikut memberikan dampak bagi pergerakan IHSG sekalipun ajang Piala Dunia terjadi seperti halnya di tahun 2014. Apalagi, momentum Piala Dunia 2022 berdekatan dengan fase Santa klaus rally yang konon membuat pasar cenderung bergairah.


Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, cryptoclass, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-WS- -SR-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.




Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
premium-iconArtikelInsight

Saham Menarik Ketika Natal dan Tahun Baru, Gimmick atau Fenomena?

24 Des 2022, 10:27 WIB
article
premium-iconArtikelInsight

Kenaikan Suku Bunga BI Mulai Melandai, Begini Efeknya ke Saham

22 Des 2022, 15:00 WIB
article
premium-iconArtikelInsight

Kilas Balik Pasar Saham 2022: Nikel dan Kendaraan Listrik Jadi Primadona?

22 Des 2022, 15:02 WIB
article
premium-iconArtikelPemula

Begini Persamaan Arti GOAT dalam Sepak Bola dan Investasi Saham

19 Des 2022, 16:25 WIB
arti GOAT dalam sepak bola
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2023, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi