Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Laba Bersih BBRI Naik 103%, Begini Pendorongnya

16 Nov 2022, 10:33 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) secara konsolidasi berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp 39,31 triliun hingga bulan September 2022. Capaian ini melesat 103,34% secara tahunan.


Laba bersih yang naik signifikan terdorong dari pendapatan bunga bersih BBRI yang naik 15,60% secara tahunan menjadi Rp 96,5 triliun dan adanya efisiensi bisnis dengan turunnya beban bunga yang menyusut 17%, CKPN turun 16,35%, dan beban operasional lainnya yang turun 12,23%. 


Dari sisi rasio keuangan, rasio kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) tercatat di 3,14%, turun dibandingkan periode akumulatif Juni di 3,32% yang menunjukkan kualitas aset BBRI yang semakin membaik. BBRI menargetkan kualitas aset akan semakin membaik dengan NPL di rentang 2,8% sd  3% hingga tahun 2022.


Selain itu, dari sisi likuiditas juga masih cukup terjaga terlihat dari rasio loan to deposit (LDR) di 88,92%. Sedangkan untuk margin bunga bersih (NIM), hingga September tercatat terjaga positif di 7,23%. 


BACA JUGA:  4 Jenis Rasio Keuangan yang Wajib Dipahami


Kesimpulannya, kinerja BBRI sepanjang Januari-September 2022 mencatatkan profitabilitas yang solid diiringi dengan kualitas aset yang membaik dan likuiditas yang masih terjaga. Dengan begitu, BBRI masih punya ruang ekspansi penyaluran kredit di tengah suku bunga acuan BI yang naik.


Jadi itulah beberapa faktor pendorong profitabilitas BBRI yang masih solid. Mau belajar trading dan investasi saham lainnya secara praktis? yuk upgrade ke VIP member Emtrade. 


Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, cryptoclass, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-TN-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.





Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi