Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconPemula

Cara Mengetahui Saham yang Lagi Aktif Diperjualbelikan

7 Nov 2022, 15:54 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Ketika mencari saham-saham potensial, satu hal yang harus diperhatikan adalah idealnya saham tersebut sedang aktif. Dengan kata lain sering diperjualbelikan secara real time oleh para pelaku pasar. Sayangnya hal ini masih sering diabaikan terutama oleh pemula yang baru berkecimpung di market karena keterbatasan pengetahuan.

Maka dari itu di artikel ini kita akan membahas cara mengetahui saham yang aktif untuk mempermudah kamu sebelum mulai trading maupun berinvestasi. Tapi sebelum itu, sudah tahu belum kenapa sih harus cari saham aktif? Simak penjelasannya di bawah ini.

Mengapa Harus Cari Saham Aktif?

Saham aktif merupakan saham yang biasanya pada hari itu ditutup menguat dan aktif diperdagangkan di pasar. Hal ini penting untuk diperhatikan karena pada dasarnya harga saham bisa menguat kalau banyak yang melakukan transaksi, termasuk beli. Ketika suatu saham punya permintaan yang tinggi, maka harga sahamnya berpotensi naik. Jika terpantau belum aktif, bisa tunggu sampai saham tersebut ramai diperdagangkan.

Baca juga: Berapa Minimal Cuan dari Trading Saham?

Cara Mengetahui Saham yang Aktif

Cara mencari saham aktif cukup mudah. Kamu hanya perlu cek running trade untuk mengetahui apakah saham yang diincar aktif atau tidak. Running trade adalah papan transaksi saham yang sedang berlangsung di pasar. Di sini kita dapat melihat saham-saham apa saja yang tengah diperjualbelikan secara real time. Semakin sering muncul di dalam running trade, semakin ramai atau aktif saham tersebut diperdagangkan.


Pada gambar di atas terlihat banyak yang melakukan transaksi pada saham DOID. Berhubung sahamnya sering muncul di running trade, itu berarti DOID cukup aktif pada waktu itu.


Kemudian lihat pula dari sisi likuiditas atau jumlah transaksi saham. Semakin besar likuiditasnya, semakin bagus. Dengan begitu akan semakin mudah untuk beli tanpa perlu menunggu karena peminatnya banyak. Cara melihat likuiditas bisa dibaca di artikel berikut ini.

Baca juga: Analisa Bid Offer Saham untuk Mengetahui Likuiditas Saham

Saham aktif juga bisa dilihat dari besarnya volume transaksi yang ada di bawah chart saham. Dan biasanya jika satu saham dari sektor tertentu menguat, saham lain dari sektor yang sama akan cenderung ikut menguat.

Nah, itu tadi cara mengetahui saham yang sedang aktif. Jika kamu tertarik untuk belajar saham lebih dalam sekaligus dapat trading signal, yuk upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. 

Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.





Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelPemula

Berapa Minimal Cuan dari Trading Saham?

2 Nov 2022, 15:48 WIB
article
ArtikelPemula

Mau Buka Rekening Saham? Begini Ciri-Ciri Sekuritas yang Bagus

26 Sep 2022, 15:54 WIB
sekuritas yang bagus
ArtikelPemula

Tips Memilih Saham dan Menyusun Portofolio untuk Pemula

23 Sep 2022, 16:06 WIB
article
ArtikelPemula

Cara Lihat Grafik Harga CPO Hari Ini, Ikuti Langkah-Langkahnya

20 Sep 2022, 14:43 WIB
grafik harga cpo hari ini
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi