Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Laba ASII Naik 55%. Ini Alasannya!

1 Nov 2022, 14:49 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Kinerja PT Astra International Tbk. (ASII) mencatatkan kinerja yang makin solid selama sembilan bulan pertama 2022. Laba bersih ASII melesat 55,84% secara tahunan menjadi Rp23,33 triliun. Pertumbuhan laba bersih yang positif sejalan dengan kenaikan pendapatan ASII sebesar 32,33% menjadi Rp221,35 triliun. 


Menurut Presiden Direktur ASII Djony Bunarto Tjondro mengatakan “kinerja Grup sepanjang sembilan bulan pertama tahun 2022 cukup baik, terutama didukung oleh pemulihan ekonomi dan harga komoditas yang lebih tinggi. Kinerja bisnis pada sisa tahun ini diperkirakan akan tetap baik. Namun, prospek bisnis ke depan dapat menghadapi tantangan yang disebabkan oleh tingkat inflasi yang lebih tinggi, meningkatnya suku bunga dan tekanan ekonomi makro global”


Profitabilitas yang solid juga didukung dari keuntungan nilai wajar atas investasi di PT. GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) sebesar Rp1,08 triliun. Jika tanpa memperhitungkan nilai investasi ke GOTO tersebut, maka laba bersih ASII berhasil tumbuh 49% secara tahunan menjadi Rp22,2 triliun. 


BACA JUGA: Untung Besar Saat Santa Claus Rally, Begini Penjelasannya


Jika lebih dirinci, dari segmen operasional bisnisnya yang menjadi kontributor utama laba bersih adalah segmen alat berat, pertambangan, konstruksi dan energi, (HEMCE) serta segmen otomotif mencapai 70% dari total laba bersih per 9M22. Kedua segmen ini mencatatkan kenaikan laba masing-masing 105% dan 23% secara tahunan menjadi Rp 9,53 triliun dan Rp6,79 triliun. 


Laba bersih yang tumbuh paling atraktif dari segmen HEMCE disumbang oleh anak usaha ASII yaitu PT United Tractors Tbk. (UNTR) yang berhasil mencatatkan laba bersih naik 103% secara tahunan menjadi Rp15,9 triliun.  


Selain itu, kenaikan laba dari segmen otomotif mencerminkan volume penjualan yang tinggi. Menurut GAIKINDO, penjualan mobil Astra meningkat 20% secara tahunan menjadi 413.000 unit, dengan Toyota menjadi merk yang paling banyak terjual dan pangsa pasar tetap stabil sebesar 55%. 


Disisi lain, ada 2 segmen yang mencatatkan penurunan kinerja yaitu dari segmen agribisnis dan properti masing-masing turun 17% secara tahunan. Walaupun begitu, gabungan dua segmen ini hanya menyumbang 4,62% saja dari total laba bersih. Sehingga, kenaikan laba dari segmen lainnya masih bisa mengangkat laba bersih secara konsolidasi hingga September 2022 tetap tumbuh atraktif. 


Jadi itulah, beberapa alasan mengapa profitabilitas ASII tetap tumbuh solid hingga September 2022 dikala inflasi dan suku bunga naik.. Mau belajar trading dan investasi saham lainnya secara praktis? yuk upgrade ke VIP member Emtrade. 


Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, cryptoclass, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-TN-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.




Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

Inflasi Indonesia DIproyeksi Melandai, Gimana Prospeknya?

30 Jan 2023, 14:50 WIB
article
premium-iconArtikelInsight

Saham Menarik Ketika Natal dan Tahun Baru, Gimmick atau Fenomena?

24 Des 2022, 10:27 WIB
article
premium-iconArtikelInsight

Kenaikan Suku Bunga BI Mulai Melandai, Begini Efeknya ke Saham

22 Des 2022, 15:00 WIB
article
premium-iconArtikelInsight

Kilas Balik Pasar Saham 2022: Nikel dan Kendaraan Listrik Jadi Primadona?

22 Des 2022, 15:02 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2023, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi