Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconTeknikal

Strategi Trading Saham Downtrend

24 Jan 2024, 12:11 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Turunnya harga saham terkadang membuat kegalauan bagi pelaku pasar. Bagi yang sudah punya, galau apakah harus stoploss, dan bagi yang belum punya, galau apakah itu waktunya beli?. Penting untuk trader mengetahui strategi trading saat saham downtrend, agar kegalauan dan kekhawatiran dapat diminimalisir, sehingga profit bisa maksimal.

Siklus Harga

Secara teknikal harga saham bergerak dalam siklus yang berulang setiap waktu. Ketika ingin trading di satu saham, trader perlu memahami sedang di siklus apa saham tersebut, agar nantinya dapat mengetahui potensi arah siklus selanjutnya. Ada 4 siklus harga saham yaitu siklus akumulasi, partisipasi, distribusi, dan kapitulasi.

Baca Juga : 4 Siklus Harga Saham : Akumulasi,Partisipasi, Distribusi, dan Kapitulasi

Downtrend merupakan trend yang terbentuk pada saat harga saham berada pada siklus kapitulasi. Sehingga sebelum downtrend terbentuk, trader dapat mengetahui tanda-tandanya, yaitu didahului dengan siklus distribusi yang ditunjukkan dengan adanya pola pembalikan arah turun (bearish reversal) yang dikonfirmasi dengan volume tinggi ketika harga turun.

Downtrend Line

Terbentuknya downtrend dapat terlihat dengan menghubungkan garis dari harga tertinggi ke harga tertinggi yang lebih rendah di periode sebelumnya. Ketika dua titik tersebut dihubungkan maka akan membentuk garis downtrend yang nantinya dapat diteruskan untuk menjadi area resisten yang perlu di waspadai sebagai area profit taking, yang menunjukkan potensi harganya dapat tertahan dan melanjutkan trend penurunannya.

Strategi Trading Saham Downtrend

Baca Juga : Cara Menentukan Support & Resisten

Buy On Weakness & Sell On Strength

Meskipun tren harga sedang turun, bukan berarti trader tidak bisa beli. Pada saat downtrend trader dapat memanfaatkan adanya technical rebound untuk menghasilkan profit. Namun perlu diingat, karena trend besarnya sedang turun maka perlu manage ekspektasi bahwa pergerakannya masih rawan terbawa penurunan lanjutan sehingga perlu siap dan disiplin untuk lakukan pembatasan risiko bila ternyata harga tidak bergerak sesuai dengan trading plan.

Strategi yang tepat ketika harga saham bergerak dalam trend turun yaitu buy on weakness yang merupakan strategi beli ketika harga berada di area support dan mengalami pantulan. Sehingga trader perlu menentukan terlebih dahulu area support yang berpotensi diuji sehingga bisa di watch untuk beli ketika harganya memantul dari area tersebut.

Selanjutnya garis downtrend yang terbentuk, menjadi area resisten yang bisa diperhatikan sebagai area rawan profit taking sehingga trader bisa lakukan penjualan dengan strategi sell on strength.

Baca Juga : Cara Profit Taking dengan Swing Trading

Contohnya saham SMBR yang bergerak downtrend, dapat dimanfaatkan untuk trading dengan strategi buy on weakness ketika memantul dari area support yang diperoleh dari garis channeling down, dan lakukan penjualan dengan strategi sell on strength ketika harga menyentuh downtrend line. Trader juga tetap perlu waspadai risiko dengan cara melakukan pembatasan risiko bila harga breakdown dari area support.

Strategi Trading Saham Downtrend

Mau tau saham apa saja yang bisa di tradingkan meskipun harga sedang dalam trend turun?

Upgrade ke VIP user untuk menikmati fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP user, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan

 

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

 

-JF-


emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.






Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi